Mentan ! Musim Paceklik Tidak ada

bupati-menteri-amranINFOLINGGA.netĀ –Mentri Pertanian Andi Amran Sulaiman MP, saat kunkernya ke Kabupaten Lingga mengatakan, tahun ini Indonesia tidak ada musim paceklik. Hal ini dapat dihindari karena di Juli-September sudah mulai musim tanam padi organik.

“Kenapa tidak ada musim paceklik? Karena pada September kita sudah mulai tanam,”ujarnya Rabu (7/9) di sela-sela penyemaian benih padi organik di desa Bukit Langkap yang baru dibuka oleh Bupati Lingga H Alias Wello, bekerjasama dengan TNI AD.

Perlu diingat, kata Andi musim paceklik itu adalah Desember-Januari-Februari. maka dengan melakukan penanaman pada September iniĀ Dijelaskan Andi, saat ini stok beras nasional tersimpan 2,2 juta ton. Kalau dihitung Rastra sampai Mei sudah cukup.

Menurutnya, paceklik dapat dihilangkan, kara sejak Juni-Juli-Agustus-September sudah dilakukan penanaman yang maksimal dengan hasil produk 1 juta hektar.”Kalau dulu separoh. Bagaimana tidak terjadi paceklik. Ini yang kami hilangkan,”imbuhnya.

Andi melanjutkan, paceklik tidak terjadi karena pola tersebut merupakan model strategi pertanian yang baru.Begitu juga dengan bawang, komoditinya sudah dieksport.

“Kita mulai ekspor dari Jawa Barat ke Belgia, Singapura, Amerika bahkan Malaysia,”ujarnya

MasihMenurut Andi, dengan target 10 ribu hektar penanaman sawah organik dapat meningkatkan swasembada beras baik dalam negri maupun luar negri.Apalagi Provinsi Kepri yang sudah mulai menjajaki swasembada beras yang berdekatan langsung dengan pasar dalam hal ini negara tetangga yakni Singapura, terangnya.(adi)

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *