Akhirnya, Akses Jalan Masuk Kampung Sungai Pisang di Buka

(Akses jalan menuju Kampung Sungai Pisang, Desa Sungai Pinang. Foto : ihand/infolingga.net)
(Akses jalan menuju Kampung Sungai Pisang, Desa Sungai Pinang. Foto : ihand/infolingga.net)

IL-Salah satu tujuan dari pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 yakni memberikan kebebasan kepada Desa agar dapat dengan leluasa mengatur dan membangun Desa sendiri yakni dimulai dari Perencanaan, pelaksanaan hingga monitoring dan evaluasi, dimana semuanya tentu sesuai dengan juknis yang diberikan. Hal ini lebih diperkuat dengan adanya alokasi Dana Desa yang diberikan oleh Pemerintah  agar dapat digunakan oleh Pemerintahan Desa dalam mengatur dan menata Desa.

Berkaitan dengan itu, salah satu faktor pendukung pertumbuhan ekonomi suatu wilayah terletak pada akses jalan yang baik sebagai sarana transportasi. Pembuatan Jalan Baru selain untuk Usaha Pertanian, diharapkan dapat menjadi peluang pembukaan akses pemukiman baru bagi warga masyarakat Desa.

pembukaan akses jalan baru ini juga akan memiliki dampak  ekonomi yang cukup baik bagi masyarakat, hasil yang ada di lahan masyarakat seperti batu,kayu dan juga berbagai hasil lainnya yang dapat dikelola masyarakat dalam peningkatan ekonomi keluarga.

Kampung Sungai Pisang yang terletak di Desa Sungai Pinang, Kec. Lingga Timur, mulai memperbaiki akses jalan menuju ke kampung tersebut. Masyarakat kampung tersebut terlihat antusias dalam hal perbaikan akses jalan menuju ke dalam kampung tersebut, dimana biasa akses jalan satu-satunya menuju ke kampung tersebut kondisinya memprihatinkan, karena dipenuhi dengan batu-batu besar dan terjal si tambah lagi ketika musim penghujan jalanan menjadi licin dan berbahaya.

Baharani (53) warga Desa Sungai pinang yang merupakan salah satu pekerja dalam proyek perbaikan jalan menuju ke kampung sungai pisang tersebut menuturkan, ” perbaikan atau semenisasi jalan menuju ke kampung ni menggunakan dana desa, ade pun tujuannye ketike jalan-jalan di desa-desa baik, maka masyarakat disane juge merasekan dampak pembangunan sampai kepade masyarakat dan aktivitas roda perekonomian serte arus transportasi mereka juge semakin lancar, memperlancar kegiatan masyarakat termasuk arus keluar masuknye barang dan jase. Ye, setidaknye hal tersebut juge akan memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat, sehingga masyarakat semakin giat bekerje”, tuturnya jum’at (27/01/17).

“Meskipun penduduk di kampung ni hanye berjumlah kurang lebih 10 Kepale Keluarge, mesti perlu perhatian khusus juge, ye seperti perbaikan akses jalan ni lah, Perbaikan jalan saja sudah cukup karena akses jalan yang baik akan membuat warge kampung ni lebih mudah bekerja sehingga hasil pendapatannya juga akan lebih baik lagi” tutupnya.(ihn)

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *