Dinas Kesehatan Lakukan Penyuluhan Kesehatan pada Calon Pengantin

Gambar : Ilustrasi
Gambar : Ilustrasi

IL-Dinas kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana ( DKPPKB ) Kabupaten Lingga, melalui bidang kesehatan keluarga ( kesga ) secara continue memberikan penyuluhan kepada Calon pengantin (catin) sebelum menikah agar mengerti cara mengasuh anak yang baik.

Kepala bidang (Kabid) kesehatan keluarga (Kesga) di Diskes, DKPPKB lingga, Mas’ah, menerangkan, ” Untuk calon pengantin, diberikan penyuluhan sebelum menikah sehingga masalah  penting ini sudah tertanam sebelum menikah,” ujarnya kamis (03/02/17).

Ia menyampaikan, dalam mengadakan penyuluhan terhadap catin, pihak bekerja sama dengan Kemeneg lingga, adapun yang disampaikan kepada calon pengantin adalah bimbingan konseling, terkait kesehatan, reproduksi, gizi, imunisasi, kebersihan dan penyakit menular seksual dan program keluarga brencana. ” konseling yang diberikan terhadap catin ini, sudah di lakukan DKPPKB Lingga sejak awal tahun 2016 lalu” ucap Mas’ah.

Dia juga mengungkapkan, “kegiatan ini memang belumlah maksimal, ” ada beberapa wilayah di Lingga yang belum terjangkau, kedepannya akan kita lakukan” harapnya. Adapun daerah yang telah mendapat penyuluhan bagi Catin adalah di Kecamatan Singkep dan Singkep Barat, yang intinya seorang ibu siap menjalani kehidupan berumah tangga dalam keadaan sehat serta lebih siap untuk menjadi hamil dan siap ketika melahirkan juga siap menjadi ibu”, tutup Mas’ah.(ihn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *