Dewan Dukung Pemkab Fasilitasi Hak Warga Konki

Ahmad Nasiruddin Anggota Komisi I DPRD Kab. Lingga
Ahmad Nasiruddin Anggota Komisi I DPRD Kab. Lingga

IL-Anggota DPRD Lingga Dapil I Ahmad Nashiruddin dukung Pemkab Lingga fasilitasi hak kependudukan masyarakat Tempatan Selat Konki. Termasuk memfasilitasi program lintas sektoral untuk nikah masal warga tempatan tersebut.

Dikatakan Ahmad Nashiruddin yang juga praktisi partai Nasdem tersebut, terkait hak kependudukan dan adminstrasi seperti Kartu Keluarga (KK) maupun KTP sudah ada diprogramkan tahun ini melalui lintas sektoral di Pemkab Lingga. “Begitu juga dengan hak memperoleh kartu nikah di KUA,”ujarnya Kamis (2/2)

Dijelaskan, untuk memperoleh kartu nikah tersebut memang melalui beberapa prosedur. Untuk itu tahapnya salah satu perlu digelar nikah masal seperti yang pernah digelar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) beberapa tahun yang lalu.

Artinya program untuk masyarakat tempatan di Selat Konki tersebut menyeluruh atau satu paket. “Makanya kita minta instansi terkait mendata jumlah penduduk tempatan di Selat Konki,”imbuhnya.

Menurutnya, program ini cukup satu pintu dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Karena saling keterkaitan. Misalnya kata Ahmad Nashirudin, setelah nikah massal, dari KUA, mereka langsung dapat kartu KK maupun KTP. “Program ini bukan sekedar itu saja, artinya masyarakat tpatan yang bermasyarakat. Termasuk juga hak pendidikan anak. Harus secara lintas sektoral,”ujarnya.

Mengenai pejuang aksara Densi Diaz dan timnya bersama Buk Darlisa yang hampir setiap hari memberikan pendidikan non formal dengan memberantas buta aksara, Ahmad Nashiruddin mengaku cukup apresiatif dengan apa yang dilakukan pejuang yang memberantas buta aksara tersebut.

“Itu cukup bagus. Kita patut apresiatif,”ujarnya.(Jyadi)

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *