KNPI Survei Potensi Lahan Untuk Perkebunan Cabai

M. Nizar bersama KNPI dan PKK Lingga survei lahan untuk perkebunan di Daik
M. Nizar bersama KNPI dan PKK Lingga survei lahan untuk perkebunan di Daik

(IL)-Tim Penggerak PKK dan KNPI Kabupaten Lingga melakukan survei potensi lahan untuk program pertanian cabai di Desa Panggak Darat Kecamatan Lingga. Rencana kedepan di lokasi ini akan dialokasikan pemerintah daerah untuk mendukung pertanian holtikultura berbasis masyarakat.

Safaruddin, Ketua KNPI Kabupaten Lingga usai kegiatan survei tersebut, Sabtu (4/2) mengatakan, organisasi pemuda yang ia pimpin itu mendapat alokasi lahan pertanian seluas 1 Hektar.

“Jadi lahan ini akan di buka seluas 3 Hektar. KNPI dapat 1 Hektar untuk tahap awal, sisanya PKK. Kesempatan ini akan kami manfaatkan sebaik mungkin,” kata dia.

Menurut Safar, lahan pertanian yang akan diolah KNPI untuk membangun kebun cabai itu akan mendatangkan manfaat yang luas kedepannya.

“Organisasi kami akan lebih produktif dan mandiri kedepannya dari investasi pertanian ini. Tinggal bagaimana memenej kerja di sektor ini dengan baik,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, dia juga menambahkan, jika KNPI berhasil mengolah lahan tidur menjadi kebun cabai diatas tanah bantuan pemerintah seluas 1 Hektar tersebut hingga menjadi hasil yang dapat dinikmati bersama, akan menjadi contoh bagi pemuda Lingga, bahwa bertani juga menjanjikan masadepan yang baik.

“Kami ingin menunjukkan, lahan ini kedepan akan jadi percontohan, ini nantinya akan memotifasi pemuda terjun menggeluti usaha pertanian. Selama ini kan banyak yang memandang lapangan kerja itu hanya lingkup kantoran saja, minimal jadi THL atau honorer,” tuturnya.

Terlepas dari itu, dia juga mengajak para pemuda yang memiliki pemikiran brilian di sektor-sektor lainnya, untuk tidak pelit memberikan sumbang saran kepada KNPI.

“Kawan-kawan di KNPI hari ini bisa melihat, Departemen Pertanaian dan Kehutanan KNPI Kabupaten Lingga di bawah pimpinan teman kita Zulmafriza, sudah menunjukkan pergerakan positif. Meski baru langkah awal, namun potensi berhasilnya besar. Kita sangat mendukung upayanya ini. Departemen lain juga harus menunjukkan perannya,” sindirnya dengan wajah optimis.

Pelaksanaan survei ini di pimpin langsung Wakil Bupati Lingga M Nizar, Kepala dinas  pertanian dan ketahanan pangan DPKP Lingga Rusli,  tim ahli pertanian,  Camat Lingga Yulius,  serta Kades Panggak Darat Zulmafriza. ( jyadi)

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *