Cuaca Buruk Membuat Nelayan Takut Melaut

(Beberapa perahu nelayan yang di tambat karena kondisi cuaca yang buruk foto : ihan/infolingga.net)
(Beberapa perahu nelayan yang di tambat karena kondisi cuaca yang buruk foto : ihan/infolingga.net)

IL-Kondisi cuaca yang buruk beberapa pekan belakangan ini seperti angin kencang dan gelombang laut yang semakin tinggi membuat para nelayan di Kab. Lingga pada umumnya menjadi takut untuk pergi melaut. Bahkan kapal reguler yang membawa penumpang dari Lingga ke luar daerah seperti Tg. Pinang dan Batam juga merasa khawatir dengan kondisi cuaca yang buruk ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Dabo Singkep beberapa waktu yang lalu telah menghimbau nelayan tradisional Kabupaten Lingga lebih waspada terhadap gelombang besar dan angin kencang terutama di sekitar perairan sebelah timur.

“kami dari BMKG mengimbau Nelayan lebih waspada dan berhati-hati, terutama perairan bagian Lingga sebelah timur, gelombangnya cukup tinggi disertai angin kencang,” kata Sahat, Kepala BMKG Stasiun Dabo Singkep jumat (19/02/17).

Berdasarkan hasil prediksi BMKG, ketinggian gelombang di perairan Lingga rata-rata berkisar antara 0,2 – 1,5 meter. Sementara kecepatan angin berkisar antara 9 – 36 KM/Jam.

Menurut Sahat, keadaan cuaca seperti itu disebabkan oleh faktor kelembaban udara yang cukup tinggi di perairan Kepri, sehingga mendukung terbentuknya awan-awan konvektif. “Kita minta kepada nelayan untuk selalu berhati-hati dan mengutamakan keselamatan terutama  di perairan bagan timur di Kabupaten Lingga  Sesuai hasil prediksi BMKG menunjukkan ketinggian gelombang disebabkan kelembaban udara cukup tinggi,”.

“Hal ini diakibatkan adanya belokan-belokan angin dari belahan bumi sebelah utara yang kepadatannya cukup tinggi ke belahan bumi sebelah selatan yang tekanan udaranya lebih rendah”, terangnya.

Berdasarkan pantauan media infolingga di lokasi pasar Dabo adapun Kondisi dari cuaca buruk ini menyebabkan kelangkaan ikan di pasar sehingga harga ikan melonjak naik secara signifikan, ikan yang biasanya per kg nya hanya 20.000 menjadi 40.000/kg. (ihn)

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *