Investor Tertarik Potensi Pertanian Lingga

Staf ahli kementan dan Bupati Lingga saat panen padi organik di sawah Sungai Besar
Staf ahli kementan dan Bupati Lingga saat panen padi organik di sawah Sungai Besar

IL-Dalam Kunjungannya ke Kabupaten Lingga, Staf Ahli Mentri Pertanian RI Bidang Investasi, Syukur Iwantoro mengakui pihaknya sedang mempromosikan potensi pertanian dan peternakan yang dimiliki Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, kepada sejumlah calon investor.

” Saya lagi mempromosikan Lingga ini ke beberapa investor di dalam dan luar negeri. Setidaknya ada dua investor dari luar yang tertarik untuk mengetahui lebih banyak potensi Lingga, ” kata dia, dalam kunjungan kerjanya di area persawahan organik Desa Sungai Besar, Senin (28/2).

Syukur menjelaskan, dua investor yang tertarik berinvestasi di Lingga tersebut bergerak di bidang pembibitan, penggilingan hingga penyimpanan produk pangan khususnya padi.

“Satunya hanya bergerak di bidang penyimpanan dan penggilingan saja, kemudian satunya lagi bergerak mulai dari pembibitan sampai ke penyimpanannya, ” ungkap Syukur.

Menurut Syukur, pada minggu pertama bulan Maret pihak investor dari negara potensial itu akan berkunjung ke Indonesia.

“Saya akan bawa juga kesini. Mereka juga sudah minta data-data tentang potensi Lingga ini. Formulir itu sudah saya atur dengan Bupati, saya minta di isi, kemudian kami sampaikan kepada pihak investor. Jadi sebelum mereka datang, kami tunjukkan dulu data-data dasarnya yang mereka butuhkan, ” terangnya.

Selain dua investor asing tersebut, mantan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian RI tersebut, juga mengatakan ada investor lokal yang tertarik membangun usaha peternakan domba di Lingga.

“Minggu lalu, ada pengusaha domba lokal dari Garut Jawa Barat, yang sedang penjajakan mou dengan Singapura untuk ekspor domba. Insyaallah tahun ini mereka ekspor dari Garut. Tapi kan jauh, ketika saya tawarkan Lingga, beliau langsung tertarik karena Lingga memangkas separuhnya perjalanan, “ujarnya.

Sementara ini, lanjutnya lagi, pengusaha domba tersebut masih akan mendudukkan terlebih dahulu rencana berinvestasi di wilayah Kabupaten Lingga dengan mitra usahanya.

“Nanti kalau mereka sudah sepakat, mereka akan menghubungi Bupati Lingga untuk berbicara lebih jauh, ” tutupnya.(ihn)

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *