Dua Kecamatan Masuk Program Nusantara Sehat

M Syamsu Rizal (kepala dinas kesehatan Kab. Lingga)
M. Syamsu Rizal (kepala dinas kesehatan Kab. Lingga)

IL-Dua kecamatan di Kabupaten Lingga yakni, Kecamatan Lingga Utara, dan Kecamatan Senayang masuk program Nusantara Sehat. Program kesehatan tersebut ini dicanangkan pemerintah pusat menggunakan APBN 2017.

Plt Kepala Dinas Kesahatan Kab Lingga, Syamsu Rizal mengatakan program tersebut memang usulan dari  daerah.

“Program Nusantara Sehat tersebut diarahkan ke daerah perbatasan dan terpencil,”ujarnya Jum’at (4/3) di sela-sela rapat evaluasi bersama Bupati Lingga di ruang rapat Sekretariatan Daerah.

Dikatakan, program tersebut merupakan satu paket dengan penyediaan tenaga kesehatan, baik itu kesehatan lingkungan, kesehatan masyarakat, analis gizi, dokter maupun dokter gigi.

Dengan tujuan, agar daya ungkit terhadap program preventif dapat berjalan, baik itu kesehatan bayi, bayi gizi buruk, serta kematian ibu itu dapat berkurang.

“Bahkan dari program ini, setiap daeran tujuan Nusantara Sehat, mendapat program Non Fisik. Yakni Rp 200 juta untuk setiap puskesmas,”ujarnya.

Sebagaiman tenaga kesehatan, program tersebut terang Syamsu Rizal, tenaga kesehatan yang diusulkan untuk berdinas sejumlah 7-8 ditiap kecamatan.

Ditempat yang sama direktur RSUD Encik Maryam, dr Atan Leman menambahkan mengenai program Nusantara Sehat tersebut, Lingga dapat disetujui pusat.

“Kemarin kami OPD Dinkes, dipanggil ke pusat. Ketika kami ajukan usulan, ternyata usulan di dua kecamatan Lingga dan Senayang dari Lingga langsung disetujui,”imbuhnya.(ihn)

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *