SD N 012 Desa Nerekeh Langganan Banjir

Pekarangan SD 012 Desa Nerekeh terendam banjir
Pekarangan SD 012 Desa Nerekeh terendam banjir

IL-Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lingga menyiapkan anggaran Rp500 juta untuk mengatasi permasalahan banjir yang sering merendam Sekolah Dasar (SD) Negeri 012 di Desa Nerekeh. Alokasi dana sebesar itu untuk pembangunan batu miring, pagar sekolah maupun renovasi bangunan sekolah.

Akibat, hujan deras yang melanda Lingga baru-baru ini, SD 012 Nerekeh direndam banjir. Ketinggian air mencapai setinggi lutut orang dewasa. Parahnya lagi, di halaman dan pekarangan sekolah tersebut, ketinggian air diperkirakan setinggi pinggang pria dewasa.

Kadisdik Kabupaten Lingga Kasiman mengatakan untuk menjawab problema banjir di SD 012 Desa Nerekeh ini perlu segera diatasi. Namun tahun ini sudah dianggarkan beberapa item pembangunannya untuk mengatasi masalah banjir ini.

Ada pun beberapa item pembangunan yang dimaksud Kasiman di antaranya, pembangunan batu miring, pagar, hingga merenovasi sejumlah ruangan di sekolah tersebut. “Akan kami buat cantiklah sekolah ini. Karena SD ini-kan masih berada di kota juga,” ujar Kasiman, Senin (7/3).

Menurutnya, perhatian khusus Disdik terhadap kondisi SD bukan hanya Nerekeh, sejumlah sekolah lainnya baik SD maupun SMP di wilayah Kabupaten Lingga juga akan mendapat kucuran anggaran pembangunan pada tahun ini.

“Alokasi dan kegiatan pembangunan di Disdik tahun ini jumlah totalnya sekitar Rp12 miliar. Ada yang bersumber dari alokasi khusus APBN dan ada dari APBD,” imbuhnya.

Secara umum, kata Kasiman, dia berharap arah penggunaan dana tersebut untuk pembangunan gedung baru, revitalisasi, penambahan serta peningkatan sarana prasarana penunjang kegiatan pendidikan. Hujan deras yang melanda Desa Nerekeh dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan luapan Sungai Nerekeh melimpah ke pekarangan sekolah termasuk rumah warga.(put/hk)

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *