BKPP Gandeng Bapertarum Gelar Sosialisasi Rumah Subsidi Bagi PNS dan PTT di Lingga

IMG-20170426-WA0000IL-Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) menggandeng Bapertarum dengan menggelar sosialisasi rumah bersubsidi bagi PNS dan PTT Kabupaten Lingga.

Sosialisasi itu dilakukan guna memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para PNS maupun PTT yang berpenghasilan rendah untuk memanfaatkan kepemilikan rumah kredit (KPR) atau subsidi. Kegiatan itu dibuka langsung oleh Bupati Lingga Alias Wello di Aula Kantor Bupati Lingga, Rabu (26/4) dengan mendatangkan narasumber dari REI dan Bank BTN.

“Ini merupakan tindak lanjut MoU kita kemarin. Program pembangunan rumah bersubsidi diprioritaskan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Lingga yang belum memiliki rumah khususnya di wilayah Pulau Singkep, Pulau Lingga dan Pulau Sebangka. Program ini telah disepakati bersama antara Pemkab Lingga REI dan Bank BTN,” jelas Bupati Lingga, Alias Wello kepada para ASN dan PTT saat membuka kegiatan sosialisasi itu.

Dia mengatakan bahwa kerja sama ini menjadi bagian terpenting. Untuk itu Alias Wello berharap kepada seluruh ASN yang berada di bawah pemerintahanya agar benar-benar memanfaatkan kesempatan tersebut demi kenyamanan keberlangsung hidup.

Selain itu ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Dewan Pengawas Bapertarum-PNS, Direktur Perencanaan Strategis Bapertarum-PNS, Ketua DPD Rei Kepri dan juga kepada pihak Bank BTN terkait sosialisasi bantuan kepemilikan rumah bersubsidi bagi PNS dan masyarakat berpenghasilan rendah di Kabupaten Lingga.

“Terima kasih saya sampaikan, mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberi pemahaman kepada ASN kami untuk memanfaatkan kesempatan ini,” ucap Alias Wello.

Sementara dalam sosialiasi itu, Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum-PNS) terlihat memberikan kesempatan dan keringanan seluas-seluasnya kepada ASN yang ada di Kabupaten Lingga untuk mendapatkan rumah bersubsidi itu. Bantuan keringanan tersebut berupa suntikan dana sebagai uang muka kepada para ASN.

“Ini memang kegiatan kita dalam menyukseskan program dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang mencanangkan program 1 juta rumah bersubsidi, baik bagi warga masyarakat maupun kalangan PNS yang berpenghasilan rendah,” kata Direktur Perencanaan Strategis Bapertarum-PNS, Edy Darmawan.

Selain itu kata Edy, memotivasi agar para ASN baik di Lingga dan seluruh wilayah di Indonesia menggunakan haknya mendapatkan Bantuan Uang Muka (BUM) jika mengambil rumah subsidi dari sejumlah pengembang perumahan.

Dilakuan sosialisasi, lanjut Edy, lantaran saat ini dari data yang ia miliki, presentase para PNS dalam menggunakan hak mereka mendapatkan BUM masih sedikit dibanding dengan masyarakat swasta. Untuk itu dia berharap kepada para ASN di Lingga agar mengambil kesempatan ini dengan sesegera mungkin.

Sementara untuk penerima BUM, dikatakan Edy, juga berbeda-beda. Golongan I Bapertarum memberikan bantuan sebesar Rp5,2 juta, kemudian golongan II Rp5,5 juta, dan Golongan III Rp5,8 juta. Sedangkan untuk golongan 4 yakni Rp4 juta, dengan ketentuan nantinya uang tersebut dapat diambil kembali pada waktu pengembalian tabungan.

“Bantuan itu kita berikan gratis kepada teman-teman PNS, yang akan mengambil rumah dengan cara KPR,” jelasnya kepada puluhan ASN Lingga yang hadir pada kegiatan itu.(Jfr)

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *