Disdik Sosialisasikan Pembinaan Pendidikan Keluarga

IMG-20170725-WA0004IL-Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga sosialisasikan pemberdayaan pendidikan keluarga kepada satuan pendidikan yang ada di Lingga. Sosialisasi tersebut dihadiri ratusan lebih peserta mulai dari PKBM, dewan pendidikan, pengawas sekolah serta kepala sekolah SD, dan SMP di Lingga.

Ketua panitia penyelenggara sosialisasi tersebut, Said Ibrahim mengatakan sosialisasi ini merupakan tindak lanjut kesepakatan Mentri Pendidikan dengan Dinas Pendidikan Lingga untuk menyelenggarakan bimtek dan sosialisasi pemberdayaan pendidikan keluarga, pada satuan pendidikan.

“Pesertanya kepala satuan pendidikan mulai dari  PAUD, SD, SMP,  Dewan Pendidikan Kabupaten Lingga dan PKBM,”ujarnya saat menyampaikan laporan kegiatan di aula kantor bupati Lingga Selasa (25/7)

Dikatakan, sosialisasi dan bimtek ini juga menghadirkan nara sumber  dari Direktorat kementrian Pendidikan. Kegiatan ini terselenggara juga atas kerjasama Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Dirjen Paud dan Penmas Kementrian Pendidikan Nasional dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga, terangnya.

Ditempat yang sama mewakili bupati Lingga yang membuka resmi kegiatan tersebut , Asisten II Pemkab Lingga Zainudin Safiri mengatakan pendidikan itu awal mulanya  adalah dari keluarga. Termasuk pembentukan karakter.

“Pendidikan tidak harus keras, terhadap anak. Namun anak bisa diajak berkawan, apalagi di zaman sekarang jalur pendidikan juga banyak seperti dari tv, dan internet,”ujarnya.

Menurut Zainudin, peran keluarga harus pandai pandai terlibat langsung memberikan pendidikan rumah, kepada anak termasuk mengajarkan gotong royong.

Karena dari pendidikan keluarga juga, kata Zainudin dapat membentuk karakter anak dan budi pekerti.

“Contohnya saja   cara komunikasi.

Seperti permisi.  Kepada anak  Kita punya putra daerah yang potensial agar Lebih maju terjun dunia nasional,”ujarnya sekaligus membuka resmi sosialisasi tersebut.

Ditempat yang sama  Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Dirjen Paud dan Penmas Kementrian Pendidikan Nasional, Sugianto menjelaskan pemberdayaan pendidikan keluarga bertujuan  agar keluarga meningkatkan perannya, memperkuat kasihnya pendidikan di seluruh Indonesia.

” Lingga salah satu Pilot Project pendidikan keluarga, di seluruh Indonesia. Diharapkan,  kerjasama terjalin, perlu sampaikan pada pak Bupati, mengundang istri bupati dan wali kota pemahaman pendidikan keluarga,”ujarnya.

Menurutnya, beberapa program pendidikan keluarga ini, yakni

Program parenting atau kelas untuk orang tua d sekolah dua kali setahun. Sekolah inspirasi. Program pameran karya dan pentas karya anak-anak  yang berkreasi.

“Program pendukung yang perlu ditunjang dinas. Anak anak yg berlatar seni. Untuk  program penguatan pendidikan karakter anak,”ujarnya.

Tampak hadir pada pembukaan sosialisasi pendidikan anak tersebut, yakni Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga H Kasiman. Serta Dewan pendidikan Lingga H Maznun.(ihn)

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *