Tingkatkan Pelayanan Pencatatan Sipil, Disdukcapil Adakan Rapat Koordinasi Pelayanan Pencatatan Sipil

Syamsudi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lingga
Syamsudi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lingga

IL-Untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada aparatur desa sebagai ujung tombak dalam administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lingga menyelenggarakan rapat koordinasi pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik bidang pencatatan sipil di Kecamatan Senayang yang dilaksanakan di Senayang dan Kecamatan Lingga Utara yang dilaksanakan di Pancur pada hari rabu dan kamis (02/08/17).
Rapat koordinasi tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pelayanan pencatatan sipil agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku terutama dalam hal meningkatkan kepemilikan akta pencatatan sipil.
Syamsudi selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lingga dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa adapun dilaksanakannya rapat koordinasi ini bertujuan untuk meneguhkan koordinasi antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan Pemerintah Kelurahan/Desa dan memastikan pelayanan publik bidang administrasi Kependudukan sudah berjalan dengan baik.
Dia juga mengungkapkan bahwa ” adapun kegiatan ini dilaksanakan mengingat sering terjadi perbedaan persepsi dan pemahaman mengenai tertib administrasi pencatatan sipil”.
“Sasaran dan manfaat yang ingin dicapai dalam rapat koordinasi ini adalah meningkatkan efektifitas penyelenggaraan pelayanan pencatatan sipil, terwujudnya tugas pokok dan fungsi pemerintah dalam pengelolaan dan kesepahaman regulasi dalam rangka administrasi dalam pelayanan”, ungkapnya.
Disamping itu dia juga menyampaikan bahwasanya “rapat koordinasi ini juga bertujuan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan Pemerintah Kelurahan/Desa serta mengevaluasi penyelenggaraan administrasi kependudukan khususnya pelayanan pencatatan sipil di tingkat Kelurahan/Desa”, terangnya.
Terakhir dia juga menambahkan, “kegiatan ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan kebijakan administrasi kependudukan khususnya bidang pencatatan sipil yang didasarkan pada undang-undang no 24 tahun 2013 tentang undang-undang no 23 tahun 2006 mengenai administrasi kependudukan, menyebarluaskan inovasi pelayanan pencatatan sipil sebagai solusi terhadap permasalahan dalam pelayanan pencatatan sipil serta merumuskan kebijakan dan strategi yang perlu disusun untuk meningkatkan cakupan pencatatan sipil khususnya cakupan akta pencatatan kelahiran dikalangan anak sesuai dengan kebijakan nasional”, tutupnya.
Adapun acara tersebut turut dihadiri oleh kepala Kecamatan Senayang, Kecamatan Lingga Utara dan seluruh kepala Desa yang ada di Kecamatan Senayang dan di Kecamatan Lingga Utara pada umumnya.(ihn)

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *