Pemkab Sambut Kedatangan Penganugrahan Pahlawan Nasional

IMG-20171117-WA0001Bersama Zuriat SMRS Tengku Husein

IL-Pemerintahan Kabupaten Lingga melalui Wakil Bupati Lingga M Nizar S.Sos  sambut hangat kedatangan anugrah Pahlawan Nasional Sultan Mahmud Riayat Syah (SMRS) III di Gedung Daerah Daik Lingga.  Penyambutan tersebut bersama kelurga zuriat Kesultanan SMRS Tengku Husain Bin Tengku Muhammad Saleh Damnah.

Ketibaan anugrah Pahlawan Nasional  SMRS III di Lingga awalnya disambut di pelabuhan Sei Tenam. Setelah itu langsung menuju ibu kota Daik Lingga. Bahkan setelah rombongan sholat di Mesjid Sultan Lingga, baru menuju Gedung Daerah.

Mulai dari pintu masuk perkantoran, rombongan anugrah pahlawan Sultan Mahmud Riayat Syah III diiringi tim paskibraka. Terlihat, foto SMRS yang gagah diiringi dubalang kesultanan. Serta rombongan penyambut yang dipimpin oleh wakil bupati Lingga M Nizar.

Zuriat SMRS Sultan Tengku Husein, Bin Tengku Muhamad Damnah mengatakan merasa terharu, merasa bangga dan senang,  bercampur baur. sebagai Zuriat Sultan Mahmud Riayat Syah karena tidak bisa membayangkan SMRS menjadi pahlawan nasional dari Presiden.

“Terima kasih pada Pemkab Lingga, Pemprov Kepri. Tim kerja yang sudah bekerja optimal. Sehingga dapat anugrah dari pemerintahan pusat diberikan rahmat yang sebesar dari Allah SWT,”ujarnya dalam sambutan di gedung Daerah Daik Kamis sore (16/11/17).

Menurutnya, perjuangan Pemkab Lingga khususnya, maupun Provinsi Kepri umumnya, penuh berliku. Sehingga mencapai hasil yang memuaskan SMRS III dinobatkan ataupun dianugrahi sebagai pahlawan nasional.

Menurutnya, proses perjuangan panjang  bisa menembus waktu. Berangkat ke negeri Belanda untuk mencari data.

“Di usia 67 tahun ini saya tidak menyangka SMRS jadi pahlawan nasional. Semoga Lingga menjadi negeri makmur yang sejahtera. Mudah mudahan JK dapat ke Lingga,”ujarnya.

Ditempat yang sama, Wabup Lingga M Nizar S Sos, mengatakan, salam dari Bupati Lingga Pak Alias Wello, kepada keluarga engku dan keluarga zuriat karena beliau  rapat FKPD persiapan Wapres turun 19 November mendatang.

“Semata mata mengucapkan selamat kepada Zuriat. Kami berbangga. Dengan tim tim yang dibentuk juga sangat mendukung. Satu-satunya pahlawan dari Kepri,  khususnya Kabupaten Lingga. Sebelumnya pahlawan Raja Haji Fisabilillah dan Raja Ali Haji itu dari Provinsi Riau. Tak disangka proses ini juga ridho dari Allah,”ujarnya.

Menurut Nizar, perlu menjaga makam SMRS untuk dipercantik dan dipermolek. Karena pahlawan nasional di Indonesia. Sehingga ketika orang tahu di kota kecilnya itu ada di Kab Lingga. Seperti pahlawan pahlawan di surabaya. Dan ini SMRS II  tonjolkan Kab. Lingganya.

“Mohon maaf ketika penyambutan. Jika ada kekurangan. Selamat kepada zuriat SMRS semoga ini mewujudkan Lingga terbilang 2020. Kerjasama dan dibantu oleh OPD Kab Lingga.
Mudah mudahan ini memompa semangat kita mewujudkan Lingga 2020. Semoga nyaman. SMRS pemersatu bangsa melayu,”imbuhnya.

Penyambutan anugrah Pahlawan Nasional SMRS II, juga disambut oleh Ketua TP PKK Lingga, Hj Heryulita, Ketua Dekranasda, sejumlah kepala OPD, ketua LAM Lingga, Imam Mesjid Sultan Lingga, serta sejumlah elemen masyarakat Lingga.(ihn)

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *