Bandara Dabo Adakan Simulasi Pelatihan Penanggulangan Keadaan Darurat

IMG-20171129-WA0006IL-Bandara Dabo menggelar simulasi pelatihan Penanggulangan keadaan darurat. Simulasi ini dilaksanakan dalam rangka antisipasi kemungkinan buruk yang terjadi di bandara Dabo Singkep.

Adapun kegiatan simulasi yang berlangsung tersebut seperti penanganan dan bentuk upaya dalam memadamkan api serta menyelamatkan penumpang yang terjebak di dalam pesawat yang mengalami kecelakaan.

Kepala Kantor UPBU Kelas III Dabo Singkep Andi Surya Suryaka mengungkapkan,¬† “dalam simulasi ini sebanyak 91 orang yang tergabung dalam tim penanggulangan keadaan darurat melakukan aksi penyelamatan dan pemadaman api saat terjadi kecelakaan pesawat di bandara ini”, terangnya.

“Untuk waktunya, kami hanya memberikan waktu 3 menit dalam proses simulasi tersebut baik dalam hal penyelamatan penumpang maupun memadamkan api. Tapi pada prakteknya tadi ternyata mereka mampu menyelesaikannya dalam waktu kurang dari tiga menit dan itu sangat baik”, ungkapnya.

Pada dasarnya, sesuai dengan aturan nya simulasi kegiatan pelatihan penanggulangan keadaan darurat ini harus dilaksanakan 2 tahun sekali namun di bandara Dabo ini sudah hampir 30 tidak lagi dilaksanakan kegiatan ini dan baru tahun ini dilaksanakan kembali, tambahnya.

Dia juga mengatakan, “adapun tema kegiatan¬†simulasi ini yaitu dengan pelatihan penanggulangan keadaaan darurat, kita tingkatkan koordinasi, komunikasi dan komando antar stake holder dalam rangka meningkatkan keselamatan dan keamanan terhadap pelayanan penerbangan ini dapat lebih meningkatkan pelayanan penerbangan di Bandara Dabo ini dan meminimalisir kejadian-kejadian ataupun keadaan darurat”, jelasnya.

dari 91 orang peserta yang tergabung di team terdiri dari berbagai instansi diantaranya adalah Polri 10 orang, TNI -Angkatan Laut 10 orang, Koramil 3 orang Damkar 5 orang, RSUD dabo 4 orang, Puskesmas dabo lama 4 orang, Air land 2 orang, pk-PPK 14 orang, serta 40 full team dari bandara dabo sendiri dengan total 91 orang.(ihn)

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *