M. Nizar Resmikan Ponpes Tahfidz Qur’an Al-Islamiyah Lingga

IMG-20171227-WA0059IL-Tabligh Akbar dan peresmian Ponpes Tahfizul Quran Al Islamiyah Lingga Tangguh (Lintang) Desa Sungai Besar Kecamatan Lingga Utara resmi di launching oleh Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar, Minggu (24/12), kemarin.
Acara di hadiri Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lingga H Hasyim, juga dihadiri ratusan jamaah ikut hadir dalam memeriahkan semaraknya tabligh akbar dan peluncuran Ponpes Lintang.
H Hasyim menyampaikan keinginan dan cita-citanya yang sudah terpendam lama, ingin membangun Ponpes di Desa Sungai Besar supaya para generasi dapat menimba ilmu di Ponpes yang akan di buka.
“Alhamdulillah hari ini bisa terwujud. Meskipun masih awal dan bangunannya masih status pinjam pakai tapi kita sudah memulainya. Sudah berjalan 2 (dua) bulan, santri kita sudah ada yang hafal 1 juz di juz pertama,” kata Hasyim.
Supaya apa di niatkannya berjalan dan maju, dia berharap pada seluruh masyarakat memberi dukungan terhadap Ponpes yang akan di launching. “Mohon doa dan dukungan dari berbagai pihak agar Ponpes Tahfizul Quran Al Islamiyah ini bisa mencetak para hafiz dan hafizah nantinya,” tuturnya.
Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar menyampaikan, dia akan memberikan dukungan penuh terhadap Ponpes Tahfiz yang baru dirintis oleh Kepala Kemenag Lingga, supaya mampu mencetak generasi yang islami.
“Kita patut bangga, Lingga memiliki putra terbaiknya , yaitu Drs.H Hasyim. Meskipun dalam kondisi yang kurang sehat secara fisik namun semangatnya untuk membangun dan membentuk generasi Qurani patut kita acungi jempol. Sepantasnya ditiru oleh kita yang muda dan yang masih sehat,” ungkap Muhammad Nizar.
Katanya lagi, semakin banyak para hafiz di Bumi Bunda Tanah Melayu akan semakin membuka pintu rahmat dan keberkahan dari Allah SWT, dalam memajukan negeri yang di cintai ini.
“Semakin banyak generasi kita yang Qurani akan membuka pintu rahmat bagi Bunda Tanah Melayu. Generasi kita akan terdidik di Ponpes ini nantinya, khususnya generasi kita yang terdekat,” imbuhnya.
Launching Ponpes Tahfizul Al Islamiyah juga disejalankan dengan tabligh akbar. Tabligh Akbar disampaikan oleh DR.KH. Abdul Hakim Fauzi, MA. Beliau mengajak para jamaah untuk selalu membantu kemajuan keberadaan Pondok Tahfiz di Lingga Utara ini.
“Mari sama-sama kita bantu. Tidak akan rugi bagi kita yang berinfaq, berwakaf untuk pesantren,” pesan Abdul Hakim yang juga mantan murid H.Hasyim saat mengenyam pendidikan di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Tanjungpinang.
Pria yang masih aktif berdakwah di dalam dan luar negara serta membantu tugas presiden ini juga berharap para hafiz dan hafizah dari Lingga nanti bisa melanjutkan pendidikan di Al Azhar Kairo Mesir.
“Minimal bekal hafalan 5 Juz. Saya bisa membantu untuk memberikan rekomendasi bagi para hafiz untuk belajar secara gratis di Mesir,” imbuhnya, memberi motivasi bagi santri yang menuntut ilmu di pesantren.
Sementara itu Kepala Desa Sungai Besar Nazarudin ketika di minta tanggapannya terkait adanya pesantren di desanya mengaku, “walaupun Pasantren ini baru berjalan dua bulan , sambutan masyarakatnya sangat baik dengan keberadaan pasantren tersebut untuk iru masyarakat mendukung sekali”, ujarnya.

“Pesantren itu sudah dua bulan lalu di buka, dengan memakai fasilitas desa yang ada seperti bangunan. Dan alhamdulillah, sekarang sudah 30-an lebih santri yang merupakan anak-anak setempat,” ujar, Nazaruddin, Selasa (26/12).

Dilanjutkan, pesantren yang di rintis oleh Kemenag Lingga tersebut di buka setiap hari pada sore hari. Sedangkan para santri terdiri pelajar dari SMPN dan SMA, yang untuk sementra di bimbing oleh seorang gurunya dulu
.ini untuk sementara waktu saja .
“Kita akan lihat dulu perkembangannya seperti apa, kalau ada kemajuan insyaallah akan kita alokasikan anggaran desa untuk kemajuan pesantren lagi, supaya terciptanya generasi muda yang qurani,” pungkasnya. (Mrs/ihn)

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *