Jelang Popda 2018, Bidang Pora Lingga Target Raih 20 Emas

Kasi Olahraga Rustam
Kasi Olahraga Rustam

IL-Bidang Pemuda dan Olahraga (Pora) Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lingga mematok target 20 emas dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) VII tingkat provinsi Kepri tahun 2018 yang akan digelar di Dabo Singkep dan Daik Lingga pada Juli mendatang. Dalam event kompetisi ini, Kota Batam dan Tanjungpinang masih menjadi pesaing terberat bagi kontingen asal Kabupaten yang bergelar Bunda Tanah Melayu ini.

Berdasar prestasi Popda VI Kepri tahun 2016 lalu. Kabupaten Lingga bertengger di posisi ketiga dengan meraih 12 emas dibawah kota Tanjungpinang dengan 24 emas dan tuan rumah kota Batam yang keluar sebagai juara umum dengan menyandang 34 emas.

Selain itu Kabupaten Karimun juga berpeluang menjadi pesaing terberat Lingga, dengan posisi tahun 2016 lalu pada rangking runner-up yang meraih 10 emas.

Kepala Seksi (Kasi) Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lingga, Rustam menyampaikan posisi dua tahun lalu bukanlah menjadi tolak ukur keberhasilan tahun ini. Dengan dipercayakan menjadi tuan rumah pada event bergengsi kalangan pelajar ini, Kabupaten Lingga pasti berhasil meningkatkan torehan emas.

Hal tersebut dapat dibayangkan dengan melihat meningkatnya prestasi cabang atletik dari beberapa event olahraga yang diikuti seperti Kejurda Atletik tahun 2017 di Kota Batam. Saat itu Kabupaten Lingga meraih 9 emas mengalahkan tuan rumah.

Selan itu prestasi yang dapat diperhitungkan yakni cabang tenis meja. Dari POPDA VI Kepri 2016 lalu, Kabupaten Lingga meraih 2 emas. Cabang ini juga diyakini meningkatkan setelah beberapa ajang pemanasan menghasilkan yang terbaik.

“Hanya saja kita berpatokan pada cabang silat. Kalau dulu kita meraih satu emas. Kita harap tahun ini juga meningkat. Sementara untuk yang lain kita harapan masuk semifinal,” kata Rustam, Rabu (03/01).

Pada POPDA VII Kepri tahun ini, ada 10 cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Rustam mengatakan Kabupaten Lingga dalam hal persiapan akan menurunkan peserta diseluruh cabang olahraga. Hanya saja ada beberapa cabang olahraga saja yang menjadi unggulan menyumbangkan medali.

Dia berharap tahun ini, para atlet pelajar dapat lebih percaya diri dengan mematangkan mental kompetisi karena bertanding dikandang sendiri. Dengan begitu target mereka, kontingen Kabupaten Lingga nanti bisa menyumbang 20 emas dengan rincian peningkatan 9 emas di cabang olahraga atletik menjadi 14 emas, cabang tenis meja meningkat dari 2 emas menjadi 3 emas dan cabang olahraga silat ditargetkan meraih 3 emas.

Dia yakin tahun ini di cabang olahraga atletik, Kabupaten Lingga bisa mempertahankan posisi juara pertama seperti Popda dua tahun lalu.

“Kalau juara umum keseluruhan kita belum yakin. Karena kita hanya mengandalkan beberapa cabang olahraga saja. Tapi kalau untuk cabang atletik saya yakin bisa mempertahankan posisi pada Popda tahun 2016,” lanjut dia.

Sebagai upaya menempuh kompetisi ini untuk menghasilkan yang terbaik, pihaknya juga telah memilih sejumlah atlet terbaik dari keseluruhan cabang olahraga untuk segera dilakukan pemusatan latihan (training center). Baik yang dipertanding pada Popda tingkat Kabupaten Lingga tahun 2017 tadi, maupun yang tidak seperti renang, silat, basket dan tenis lapangan. Selain itu, dari Pora juga mempersiapkan sejumlah pelatih dan penggiat olahraga untuk berpartisipasi.

Secara keseluruhan, kata dia Pora menargetkan tahun ini bisa meningkat diposisi kedua. Jika gagal, paling tidak bisa bertahan di posisi ketiga sebagaimana hasil Popda dua tahun lalu dengan catatan ada penambahan jumlah emas.

“Kita harus siap. Karena sejauh ini dari segi sarana dan prasarana untuk menjadi tuan rumah kita sudah siap. Dari mulai arena atletik, GOR dan kolam renang semunya diperkirakan sudah mencapai 80 persen pengerjaan,” terang dia.

Dia juga berharap semua lapisan masyarakat Kabupaten Lingga dapat bersama mendukung target capaian ini.(j)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *