Setelah di Giling, Padi Sawah Desa Resang Hasilkan 474 Kg Beras

IMG-20180104-WA0008IL-Bhabinkamtibmas Desa Sungai Besar dan petugas dari dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga beserta masyarakat Desa Sungai Besar melaksanakan kegiatan penggilingan padi di desa tersebut, Kamis (04/01/18).

Acara tersebut dilaksanakan di gedung penggilingan beras Desa Sungai Besar. Adapun Padi yang akan di giling tersebut merupakan hasil dari panen padi pada percetakan sawah di Desa Resang Kec. Singkep Selatan.

Kegiatan tersebut dimulai dengan acara menghempaskan batang padi menjadi gabah dan membersihkan sampah-sampah yang dihasilkan oleh padi tersebut. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan melakukan penjemuran padi dan selanjutnya padi tersebut dibawa ke mesin penggiling.

Bhabinkamtibmas Desa Sungai Besar Bripda Hendra Sianturi menerangkan, “Adapun proses penggilingan dilakukan sebanyak dua kali agar kualitas beras yang dihasilkan akan lebih baik dan maksimal. mengenai beras yang telah selesai digiling dikirim ke dinas pertanian untuk uji laboratorium”, terangnya.

Lanjut dia, “mengenai jumlah padi yang dihasilkan dari proses penggilingan tersebut sebanyak 759 kg dan setelah dilakukan penggilingan, beras yang dihasilkan sebanyak 474 kg.

Dia juga menambahkan, “dalam acara tersebut dinas Pertanian juga membagikan tips mengenai cara kerja dalam menggiling padi yang baik akan menghasilkan beras yang baik pula”.

Hadir dalam acara tersebut, perwakilan dari Polres Lingga Brigadir polisi Aldo Moro dan Briptu Nanda Bima, perwakilan dari Polsek Daik Bripka Sanusi dan Brigadir Iwan, Kapospol Pancur Bripka Fitriadi, Kepala Desa Sungai Besar Nazaruddin beserta staf, Kasi Bidang Pertanian Sufahmi dan sejumlah masyarakat Desa Sungai Besar pada umumnya. Kegiatan berakhir pada pukul 14.30 WIB dengan situasi yang aman dan kondusif.(ihn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *