Akhir Februari, Penerima BSPS Wajib Menyiapkan Rumahnya

Kasi
Zifrizal Kasi Perumahan dan Kawasan Pemukiman

IL-Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-PKP) Lingga melalui Bidang Perumahan dan Kawasan Pemukiman menarget akhir Februari, semua rumah program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR telah diselesaikan penerimanya, Senin (19/02/18).

Hal tersebut perlu dipertegaskan, karena proses penyelesaian telah melampaui target awal yang semula pada akhir Januari 2018.

“Kita target akhir Februari lah. Karena beberapa faktor juga menyebabkan banyak kendala pada penerima bantuan ini untuk menyelesaikan rumahnya,” ucap Zifrizal, Kasi Perumahan dan Kawasan Pemukiman.

Sebelumnya diketahui memang banyak faktor kendala yang dialami penerima salah satu bahan utama seperti kayu dan keinginan masyarakat untuk merehab total dengan jumlah yang dianggarkan bersifat swadaya.

Saat ini hanya beberapa persen saja bantuan rumah tersebut yang masih dalam tahap penyelesaian. Dalam satu desa hanya berkisar satu atau dua rumah saja.

Sesuai dengan komitmen awal, jika akhir Februari juga masih ada penerima yang belum menyelesaikan bantuan itu, harus siap dikenakan sanksi misalkan dengan mengembalikan uang sebanyak Rp15 juta kepada pemerintah.

“Itu nanti setelah tim satker datang dari provinsi dan di inspeksi bagaimana kondisinya,” ujar dia.

Dia berharap jangan sampai, keduluan tim satker datang ketika masih ada rumah yang belum selesai. Karena akan berdampak pada jumlah penerima tahun ini. Dari Kementerian akan menilai serapan anggaran yang digelontorkan untuk Lingga tidak maksimal penyelesaiannya.

Namun dia pastikan tahun ini jumlah penerima BSPS meningkat. Karena Kouta di provinsi bertambah tinggal bagaimana menjemput peluang itu.

“Database penerima juga masih dari pusat. Tapi nanti kita masih bisa mengkondisikan jika memang ada yang tidak layak menerima diberikan bantuan itu. Kita masih bisa mengalihkan kepada yang layak menerimanya,” lanjut dia.

Diketahui untuk 2017 lalu penerima program BSPS di Kabupaten Lingga tahun 2017 itu berjumlah 391 RTS yang tersebar diseluruh Kabupaten Lingga. Ditargetkan awal Maret akan ada database baru penerima tahun ini.(j)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *