Disparpora Anggarkan 2 Milyar Untuk Wisata Berhala

images (11)IL-Pulau Berhala yang terkenal dengan keindahan alam dan pantainya tahun ini mulai dibangun Pemkab Lingga. Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) menganggarkan sekitar Rp 2 miliar untuk pengembangan destinasi pariwisata di pulau yang berada di Kecamatan Singkep Selatan tersebut.

Kepala Disparpora Kabupaten Lingga, Raja Fahrurrazi melalui Kepala Bidang (Kabid) Destinasi dan Jasa Pariwisata, Zalmidri mengatakan, penataan pariwisata Pulau Berhala tersebut merupakan prioritas pariwisata Lingga tahun 2018.

“Jadi, 2018 ini kita rencana menata Pulau Berhala, karena keinginan Pak Bupati kemarin, MoU dengan Pemkab Tanjung Jabung Timur dalam membangun Pulau Berhala sebagai kawasan pariwisata sudah kita anggarankan di tahun 2018 ini,” kata Zalmidri , Kamis (08/03/18).

Dia menjelaskan, nantinya Pemkab Lingga akan membangun fasilitas pariwisata di pulau tersebut. Kemudian Pemkab Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi akan membuka akses transportasi, serta membangun pelabuhan di daerah mereka untuk menuju Pulau Berhala.

“Kemudian ada juga menggandeng pihak swasta. Jadi ada tiga sektor, Pemda Tanjung Jabung, Pemkab Lingga serta pihak swasta. Untuk 2018 ini kita siapkan pagu sekitar Rp2 miliar, Tanjung Jabung Timur Rp3 miliar. Kalau swasta kita belum tau. Karena dalam waktu dekat, rencananya kita ada pertemuan lagi di Jakarta,” ujar Zalmidri.

Rencananya, penataan Pulau Berhala yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi itu akan dilakukan pada triwulan kedua nantinya. “Sekarang dalam tahap perencanaan. Nanti kita akan menata gerbang masuk, penataan gazebo, taman, kemudian ada tempat pemungutan retribusi tiketnya, mushala juga,” terangnya.

Zalmidri mengaku, saat ini kunjungan wisatawan ke Pulau Berhala cukup banyak. Padahal, pariwisata di pulau itu masih belum tertata secara maksimal.

Dengan begitu, dia yakin kunjungan wisatawan baik lokal mau pun mancanegara akan meningkat jika pulau tersebut sudah ditata dengan baik.”Memang, nanti pengelolaan dapat meningkatkan PAD Lingga di sektor pariwisata. Kemudian dapat menyerap tenaga kerja dari masyarakat setermpat,” katanya.(j)

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *