Pemkab. Lingga Mulai Laksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan

IMG-20180320-WA0019IL-Pemerintah Kabupaten Lingga mulai melaksanakan musyawarah rencana pembangunan  tahun depan, Selasa (20/03/18), bertempat di aula kantor Bupati Lingga. Kegiatan ini nantinya diharapkan mampu menopang dalam penguatan sector unggulan daerah, sebagai pendorong perekonomian berbasis agrominapolitan yang bernilai tambah, dengan penerapan teknologi pertanian dan kebaharian.

Bupati Lingga, H. Alias Wello, S.IP saat pembukaan kegiatan musyawarah rencana pembangunan  menyampaikan sambutan dalam pelaksanaan musrenbang tersebut, melantunkan beberapa bait puisi yang membuat para hadirin yang hadir terkesima. Hal ini dikarenakan tidak biasanya dalam setiap sambutan selalu diawali dengan pantun.

Dia mengatakan sebagai pejabat daerah yang memegang kekuasaan, pemerintah jangan hanya menampung aspirasi masyarakat, adalah melainkan mewujudkan apa aspirasi masyarakat itu sendiri.

“Hari ini kita sudah mulai bekerja dan segala daya upaya harus kita lakukan. saya tidak akan pernah lelah, kemana mengemis atau semacamnya untuk kepentingan Lingga” ucapnya dengan semangat.

Dikatakannya waktu terus berjalan, kemampuan dan keberhasilan dalam memimpin diuji oleh waktu dan masyarakat.

“Jika kita tidak memperhatikan apa yang yang terjadi pada masyarakat, maka orang tidak akan pernah memperhitungkan kita” tegasnya.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Provinsi Kepri, Drs. H Kamarudin, menyampaikan bahwa jika dilihat kebelakang dan dilihat kedepan usia Kabupaten Lingga telah berusia 14 tahun. Namun jika diibaratkan usia kabupaten Lingga ini sama seperti seorang anak yang telah berusia kurang lebih 14 tahun.

“Kabupaten Lingga ini mulai melaksanakan roda pemerintahan mulai pada tahun 2004, pada masa itu perangkat dan alat perkantoran masih sangat minim dan serba keterbatasan” paparnya mengingat kenangan 14 tahun silam saat masih berdinas di Pemkab. Lingga.

Kegiatan musrenbang ini mengacu pada Undang-undang No 5 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan undang-undang No 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Serta peraturan menteri dalam negeri RI No 86 tahun 2017 yang telah mengamanatkan bahwa daerah wajib menyusun rencana pembangunan tahunan.

“Oleh kerena itu Musrenbang ini harus dilaksanakan dan diikuti dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah sebagai salah satu amanat undang-undang” sambung Kepala Bappeda Provinsi.

Ketua DPRD Kabupaten Lingga Drs. Riono yang turut memberikan sambutan juga menyampaikan pokok pemikirannya, terkait dalam penyusunan perencanaan pembangunan yang merupakan sebagai suatu kesempatan untuk mengkomunikasikan berbagai rencana program dan kegiatan yang dapat dijadikan pedoman penyusunan APBD Kabupaten Lingga ditahun anggaran 2019.

“Musrenbang merupakan sebuah ruang publik, dimana masyarakat melalui beberapa tokoh dan pemimpin bisa berdiskusi dan berargumentasi secara rasional untuk membela hak-hak masyarakat” katanya.

Dia berharap dengan kegiatan musrenbang tersebut bisa dan mampu menjadi media yang menghubungkan kepentingan masyarakat di daerah yang satu dengan daerah yang lain dan juga masyarkat dengan pemerintah daerah.

“Kegiatan musrenbang ini harus bisa menghasilkan program dan kegiatan yang dapat mewujudkan pencapaian visi-misi kepala daerah yang akan memasuki tahun ketiga ditahun 2019 nanti” harap Ketua DPRD Lingga ini.

Selain dibuka dan dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Lingga, turut juga menghadiri Sekda Lingga, Kepala Bappeda Provinsi Kepri, DPRD Provinsi Kepri Dapil Bintan Lingga, DPRD Lingga dan juga ikut dihadiri oleh seluruh lembaga pemerintahan se-Kabupaten Lingga seprti, SKPD, OPD, Camat dan Kepala Desa serta BPD masing-masing desa se-Kabupaten Lingga.(j)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *