IWO LINGGA Bekerja Sama Dengan Lembaga Pers Dr. Soetomo Untuk Adakan Tes UKW

Mardian (Ketua IWO LINGGA)
Mardian (Ketua IWO LINGGA)

IL-IWO Kabupaten Lingga dalam waktu dekat ini akan Gandeng LPDS untuk mengelar Uji Kompetensi wartawan (UKW) yang akan diadakan di Lingga.

Sebelumnya Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Lingga melakukan penjajakan terlebih dahulu dengan Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) Jakarta untuk mengelar uji Kompetensi Wartawan (UKW) ini.
Hal ini disampaikan Ketua IWO Kabupaten Lingga Mardian, menurut pria yang akrab dipanggil dengan Atak ini, “kita adakan penjajakan terlebih dahulu untuk mengetahui secara teknis pelaksanaan UKW yang akan di selenggarakan oleh IWO Lingga”, terangnya Rabu (28/03/18).

Dia menambahkan, “Kita kemarin sudah mengutus Sekretaris ke Jakarta untuk melakukan penjajakan terlebih dahulu, sebab dalam waktu dekat ini insya Allah kita akan melaksanakan UKW”, ujarnya lagi.
Selanjutnya Diterangkan Atak UKW ini sesuai dengan anjuran dari Dewan Pers Nasional tentang vertifikasi Media-media yang ada di Indonesia, yang bertujuan untuk perbaikan kualitas informasi yang ada didalamnya maka perbaikan tidak hanya pada media tersebut, akan tetapi juga menyasar pada sejumlah para wartawan atau jurnalis yang berada di setiap media yaitu harus mengikuti perubahan ke arah peningkatan kompetensi. Oleh sebab itu Dewan Pers mendorong wartawan untuk melakukan uji kompetensi guna mendapatkan sertifikat menjadi wartawan yang berkompeten dengan profesinya.

”Saat ini tantangan kedepanya semakin banyak, dan kita sebagai jurnalis dituntut untuk profesional, oleh sebab itu peningkatan SDM sangat diperlukan”, ujarnya lagi.
Menurutnya penjajakan kepada Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS) Jakarta sangat perlu, sebab Dewan Pers Nasional sejauh ini telah menetapkan Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS) sejak tanggal 6 Mei 2011 lalu sebagai lembaga penguji kompetensi wartawan setelah melakukan vertifikasi administrasi, kemampuan mengadakan pendidikan dan pelatihan serta memiliki tenaga penguji yang berkompeten dibidang kewartawanan. Untuk itu Kedatangan Sekretaris IWO Lingga Jhony Praseetya di Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS) Jakarta yang beralamat di Gedung Dewan Pers, Jl. Kebon Sirih Lantai 3 No.32-24, RT.11/RW.2, Gambir, Kota Jakarta Pusat untuk membicarakan pelaksanakan UKW di Kabuparen Lingga. Kedatangan sekretaris IWO kabupaten Lingga ini disambut oleh ibu Riri yang merupakan tenaga ahli di Lembaga Pers Dr .Soetomo.(Hms IWO Lingga/ihn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *