Dinas tenaga Kerja Buka Lowongan Pelatihan Tenaga Kerja

Wahyudi Eka Putra (Kabid Ketenagakerjaan di Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perindustrian)
Wahyudi Eka Putra (Kabid Ketenagakerjaan di Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perindustrian)

IL-Dinas tenaga kerja, koperasi, usaha kecil dan menengah dan perindustrian, Kabupaten Lingga, yang menjalin kerjasama dengan beberapa Balai Latihan Kerja (BLK) dari luar daerah, tahun ini membuka lowongan pelatihan. Program yang sudah dimulai beberapa tahun ini untuk meningkatkan kualitas tenaga terampil dan SDM tenaga kerja siap pakai di Bunda Tanah Melayu.

Selain sudah memiliki MOU dengan salah satu Balai latihan Kerja untuk tahun ini ada beberapa BLK tambahan lagi yang siap melatih pemuda-pemudi Lingga untuk meningkatkan keterampilan dan skill dibidangnya masing-masing.

“Untuk tahun ini kita ada 3 kerjasama dengan Balai latihan kerja yakni BBPLK Serang  kita mendapat kuota untuk pelatihan 16 orang. BBPLK Semarang juga 16 orang untuk dilatih dan satu lagi BLK di Medan juga 16 orang laki-laki dan perempuan. Semua sudah kita koordinasikan, mereka siap melatih tenaga kerja dari Lingga,” kata Wahyudi Eka Putra Kabid ketenaga kerjaan.

Untuk menarik minat masyarakat mengikuti  pelatihan ketenaga kerjaan pihak dinas sudah mensosialisasikan dan juga menginformasikan hal ini ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga dan turunannya seperti desa dan kelurahan.

“Setelah ke kecamatan terus diteruskan ke bawahnya kita berharap dan maunya menerima sebanyak-banyaknya. Jadi nanti ketika tim seleksi dari BLK datang kita sudah siap. Perkiraan saya April sampai Juni untuk pelatihannya saya kira habis lebaran mulainya, “katanya lagi.

Peserta yang mengikuti pelatihan ketenaga kerjaan  itu disetiap tempat mendapatkan pelatihan keterampilan yang berbeda beda. Kalau untuk pelatihan tenaga kerja di Semarang mereka diajarkan teknik akutansi. Sementara untuk yang  di Serang itu diajarkan keterampilan teknik listrik. Terakhir untuk di Medan itu pelatihan kepariwisataan, bidang tour guide, sama office , “ungkapnya.

Usai diterima untuk mengikuti pelatihan ketenaga  kerjaan, peserta dari Lingga akan dilatih selama sebulan penuh dengan fasilitas semua ditanggung oleh pihak BLK dari keberangkatan sampai pulang. Nanti setelah selesai mengikuti pelatihan peserta juga mendapatkan Sertifikat berkompetisi  dari BNSP Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

“Sertifikasi peserta ini di akui secara nasional. Untuk saat ini memang kita masih memberikan keterampilan saja dahulu selain itu kita masih mencari-cari juga kesempatan lainya Tujuannya menyiapkan SDM di daerah kita ini, “tambah Yudi sapaan Kabid ketenaga kerjaan Kabupaten Lingga ini.

Diakuinya sampai saat ini setelah  lebih kurang tiga minggu melakukan sosialisasi dan menginformasikan lowongan pelatihan ketenagakerjaan kepada masyarakat sudah ada  warga yang memasukan permohonan. Untuk syarat-syarat  sendiri sangatlah mudah yakni minimal melampirkan foto copy KTP, Ijazah terakhir, surat kesehatan.

“Kalau untuk pendidikan atau  ijazah terakhir itu bebas bisa tamatan, SD, SMP,dan SMA bisa semua.Silahkan datang ke Disnaker kalau berminat, “ujarnya.(j)

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *