Kunjungi BBI, Alias Wello Lihat pembibitan Kerapu Centang

IMG-20180426-WA0017IL-Bupati Lingga H. Alias Wello melakukan kunjungan kerja meninjau lokasi Balai Benih Ikan (BBI) milik pemerintah provinsi Kepri di Desa Penghujan-Bintan, Kamis (26/04/18).

Tujuan Kunjungan ini untuk melihat pengembangan bibit kerapu Centang yang nantinya akan di adopsi, sebagai persiapan pengembangan Kecamatan senayang sebagai pusat sektor perikanan di Lingga.

Alias Wello berkeinginan pengembangan yang sudah dilakukan oleh pemerintah provinsi Kepri ini dapat di contoh oleh Kabupaten Lingga.

“Nantinya apa yang kita lihat disini akan dialokasikan sebagai pilot proyek pada sentra budidaya keramba swamandiri Pola inti-plasma nelayan di Pulau Mabong, Kecamatan Senayang, Lingga, khususnya pengembangan ikan kerapu Centang, “Katanya menjelaskan.

Keterangan foto : Bupati Lingga H. Alias Welli melakukan kunjungan ke balai benih ikan di desa Penghujan-Bintan untuk melihat pengembangan bibit Kerapu Centang
Keterangan foto : Bupati Lingga H. Alias Welli melakukan kunjungan ke balai benih ikan di desa Penghujan-Bintan untuk melihat pengembangan bibit Kerapu Centang

Sementara itu sebelumnya, dalam kunjungan awal bulan Maret  di Kecamatan Senayang, Bupati Lingga Alias Wello kedepan memperioritaskan daerah ini menjadi central Pembangunan  program perikanan Kabupaten Lingga. Dalam kunjungan kala itu, beberapa hal menjadi prioritas untuk segera dibenahi, Selasa (06/03/18).

Saat melakukan kunjungan, orang nomor satu di Kabupaten Lingga meninjau  dan melihat langsung kondisi sumber air untuk aktivitas perkantoran. Lokasi tersebut rencananya akan  di bangun perkantoran UPTD perikanan provinsi Kepri.

Selain itu, Awe panggilan Bupati Lingga ini juga melakukan peninjauan lokasi budidaya ikan kerapu di desa Pasir Panjang, Senayang. Dilokasi ini, Bupati Lingga berencana akan mendorong dan memperbesar lagi program budidaya.

“Nanti diperkirakan, budi daya ikan kerapu disini dalam 1 bulan bisa panen 5 ton. Dengan kondisi alam dan lokasi air laut yang tidak begitu deras, sangat cocok dibangun keramba budidaya tersebut,” kata Alias Wello kepada media ini beberapa waktu yang lalu di Senayang.

Bupati Lingga sepertinya sangat serius  dengan program perikanan di Kecamatan Senayang ini. Hal ini, dikatakannya akan ditopang oleh OPD yang terkait dalam membangun infrastruktur seperti pembangunan jalan dan dermaga.

“Kita sangat yakin kecamatan senayang yang selama ini tidak pernah tersentuh pembangunan, kedepan akan manjadi pintu masuk para pendatang. Selain itu, wilayah ini nantinya akan menjadi wilayah strategis untuk pembangunan Lingga ke depan. Sektor pariwisata, perikanan, perkebunan dan peternakan akan menyatu dan saling keterkaitan, memajukan satu sama lainnya,” jelasnya lagi yang nampak bersemangat.

Sebelum mengakhiri kunjungan kerjanya di Kecamatan Senayang, Alias Wello juga menyempatkan diri ke lokasi pembibitan perikanan Kabupaten Lingga yang sejak tahun 2012 nampak tidak dimanfaatkan secara maksimal, Sementara itu selama ini semua pasilitas udah tersedia.

“Kalau untuk pembibitan ini, Alhamdulillah kita nantinya tinggal memulai saja,”  tutupnya.(j)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *