Safari Ramadhan, Zahid: Tiga Motivasi Ibadah

IMG-20180529-WA0011IL-Memasuki hari ke-11 bulan Ramadhan, program safari dakwah Pemkab Lingga bersama para OPD terus bergulir. Tepatnya Ahad, 27 Mei 2018 giliran Kemenag Lingga safari bersama Wabup Lingga di Masjid Ash Sobirin Desa Selayar, Kecamatan Selayar.

Seyogyanya, Edi Batara Kepala Kemenag Lingga yang akan menyampaikan ceramah. Namun ada tugas mendadak beliau harus berangkat keluar daerah digantikan Kasubbag TU Kemenag Lingga, Zahid.

Dalam ceramahnya Zahid mengajak para jamaah untuk memaknai ibadah Ramadhan. “Ada tiga motivasi ibadah menurut Ibnu Sina, pertama karena ingin masuk surga. Kedua motivasinya adalah menghindari masuk neraka. Ketiga adalah mencari ridho Allah SWT,”kata Zahid.

IMG-20180529-WA0010Dikatakannya lagi apabila mengharap masuk surga, maka ibadah kita penuh perhitungan. Nanti akan muncul riya, sum’ah. Kalo ibadah karena menghindari masuk neraka maka ibadah kita hanya sekedar menggugurkan kewajiban. Pasti akan merasa terpaksa dan tidak nyaman. Tetapi bila ibadah kita mengharap ridho Allah, maka semuanya pasti akan kita dapatkan. Kehidupan yang kita jalani akan terasa tentram. Kebahagiaan dunia akan kita dapat kebahagian akhirat adalah kepastian, “pesannya.

Sementara Naharuddin, Kades Selayar menyampaikan ucapan terimakasih karena Pemkab Lingga sudah memilih Desa Selayar sebagai tujuan safari Ramadhan. “Sekaligus ucapan terima kasih karena listrik sudah 24 jam beroperasi. Hanya kami minta akses jalan dan pelabuhan semoga bisa segera dibenahi dan selesai tahun ini,”pinta Kades.

Wabup Lingga, M. Nizar didampingi istri saat memberikan sambutan mengatakan, program safari Ramadhan merupakan agenda tetap Pemkab Lingga. “Pemkab Lingga mengucapkan selamat menyambut Ramadhan 1439 H, kepada seluruh masyarakat Selayar. Mohon maaf jika selama kami memimpin Kabupaten Lingga terdapat kekhilafan”tutur M. Nizar.

IMG-20180529-WA0012“Terkait permintaan masyarakat mengenai pelabuhan akan diusahakan di APBD 2019. Akses jalan dari Penuba ke Selayar akan kita komunikasikan dengan Provinsi,”ungkap politisi muda Partai Nasdem ini.

Sesaat sampai di Penuba, Wabup Lingga menyempatkan diri meninjau Kantor BASARNAS Lingga. Sekaligus melihat langsung kondisi PLN yang sudah beroperasi 24 jam.

BAZNAS Lingga melalui bagian pendistribusian juga menyalurkan zakat kepada mustahiq. Menurut keterangan Wakil Ketua BAZNAS Lingga, Syafari bahwa sebanyak 200 paket konsumtif disalurkan. “Kita bagikan juga beasiswa pendidikan SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi sesuai dengan data yang sudah kita minta sebelumnya melalui pemerintah setempat berkoordinasi dengan UPZ yang telah kita bentuk,”terang Syafari.

“Selain itu kita salurkan zakat produktif, pembinaan mubaligh, bantuan masjid dan musholla melalui dana infaq,”ungkap Syafari.

Menurut Sekcam Selayar,  Sabirin bahwa selama pengoperasian baik BASARNAS maupun PLN sudah berjalan normal. “Alhamdulillah tidak ada kendala berarti sampai saat ini.

Pada kesempatan yg sama wakil bupati menyerahkan bantuan Bus utk anak sekolah dr pemerintah kabupaten lingga. Mudah-mudahan akan menambah semangat belajar dan membantu meringankan transportasi.

Usai ceramah dilanjutkan buka puasa bersama dan tarawih. Hadir bersama para jamaah unsur pimpinan Kecamatan, perangkat desa, tokoh agama, serta tokoh masyarakat Selayar.(j)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *