Alias Wello Sumbang 3 Ekor Sapi Kurban

IL-Meskipun pada tahun ini Pemkab Lingga tidak menganggarkan untuk pembelian hewan kurban, Namun Bupati Lingga H Alias Wello secara pribadi menyumbangkan 3 ekor sapi untuk di kurban pada pelaksanaan hari Raya Idul Adha tahun ini.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Bupati Lingga Jaya Atmajaria ketika dihubungi mengatakan, tahun ini Pemkab Lingga tidak melakukan qurban.

“Atas nama Pemkab Lingga, memang tahun ini kita tidak melaksanakan qurban, tapi kedepan kami akan memformat, agar tahun-tahun berikutnya ada qurban dari Pemkab Lingga,” kata Jaya Atmajaria, Rabu (22/08/18).

Kalau atas nama pemerintah daerah memang tidak ada, sambung Jaya, tapi Bupati Lingga H Alias Wello menyumbangkan tiga ekor hewan qurban di Dabo Singkep. Satu ekor dari Wakil Bupati Lingga M Nizar yang di sumbangkan di Surau Dusun Penarik Desa Kelumu, dan satu ekor dari Sekda Lingga Juramadi Esram yang di sumbangkan ke Surau Kampung Tengah, Desa Merawang.

“Surau mana atau masjid mana yang di beri, itu tergantung niat pak bupati, wakil bupati dan sakda. Disamping itu pula kami juga pernah menghimbau ke OPD-OPD bagi yang ingin berqurban untuk masyarakat yang membutuhkan,” terangnya.

Jaya juga menyebutkan, sebelum hari raya qurban tiba, pihaknya sudah menghimbau pada seluruh OPD yang ingin berqurban, namun sampai waktunya baru Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang melakukan qurban.

“Memang tidak semua OPD, tapi kami akan memformat masalah qurban ini untuk tahun depan malalui arisan. Tahun ini kita tidak membuat format itu, semoga tahun depan dapat berjalan sesuai apa yang telah kami rencanakan, dan masing-masing OPD dapat melakukan qurban atas nama OPD masing-masing,” imbuhnya.

Menyambut momen Hari Raya Idul Adha 1439 H atau di kenal dengan Hari Raya Qurban menjadi mementum masyarakat untuk bersama-sama melaksanakan ibadah penyembelihan hewan qurban, baik di suara-suarau ataupun di masjid-masjid di Kabupaten Lingga.

Pantauan di lapangan khususnya di Daik Lingga, hampir semua surau dan masjid berqurban, baik dari para jamaah melalui arisan bahkan qurban dari pihak lain yang di sumbangkan ke rumah ibadah umat islam yang ada di Daik sekitarnya.(jfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *