DPKP Pastikan Hewan Kurban Aman Dari Penyakit

IL-Sampai dengan hari raya Idul Adha 1439 Hijriah tahun 2018, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Lingga, sudah memastikan dan mengecek kesehatan hewan kurban di masing-masing surau maupun masjid. Selain itu pihaknya juga melakukan inspeksi terhadap hewan kurban yang dilakukan hingga Jumat (24/08/18) mendatang.

Sementara itu, pada hari pertama lebaran Idul Adha tahun ini, sejumlah panitia kurban di masing-masing surau, masjid bahkan sekolah sudah mulai melaksanakan pemotongan hewan kurban baik berupa kambing maupun sapi.

Kepala bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Lingga, Drh. Teuku Taufik Ardiansyah mengatakan, untuk memastikan dan mengecek kesehatan hewan kurban di masing-masing surau maupun masjid, pihaknya telah melakukan inspeksi hewan kurban yang dilakukan hingga pada hari ketiga lebaran Idul Adha pada tahun ini.

“Secara umum, kesehatan ternak sapi di Lingga aman dari penyakit zoonosis yakni penyakit hewan yang bisa tertular ke manusia, seperti anthrax serta penyakit mulut dan kuku (PMK),” kata dia kepada awak media, Selasa (21/08/18).

Dijelaskannya, sapi-sapi yang berasal dari peternak lokal Kabupaten Lingga hingga saat ini masih dalam pengawasan DPKP.

Petugas pelayanan kesehatan hewan (Keswan) setiap hari bergerilya di kandang-kandang sapi milik peternak untuk memastikan kesehatan hewan tersebut.

“Kalau diminta pelayanan, Insya Allah jika masih terjangkau dan bukan mendadak tengah malam masih bisa terlayani. Kalau untuk data keseluruhan kami masih proses,” ujarnya.

Dia mengaku, secara syar’i panitia kurban di Lingga sudah paham tentang pedoman pemilihan hewan kurban yakni tidak boleh cacat, sehat secara performa serta cukup umur.

Sementara untuk pelaksanaan kurban baik Kambing ataupun sapi masing-masing panitia di Masjid ataupun surau banyak yang melakukan pada hari raya pertama Idul Adha di Kabupaten Lingga. Namun ada juga di beberapa tempat yang melaksanakan pemotongan hewan kurban dan membagikankah pada hari raya kedua.(ihn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *