Lomba Sampan Layar Event Tahunan Desa Kuala Raya

IL-Sampan layar merupakan salah satu alat tradisi kelengkapan berlayar dan di harapkan dapat menjadi maskot kabupaten lingga yang identik dengan sampan layar.

“Sampan layar itu sendiri merupakan salah satu alat tradisional masyarakat pesisir pantai di Lingga, event sampan layar ini merupakan event tahunan tetap di Desa Kuala Raya, Kec. Singkep Barat, Kab. Lingga ini”, kata Deki kades desa kuala raya saat ditemui awak media, Minggu (02/09/2018).

Lanjut Deki, perlombaan kita mulai dari jam dua siang dan dengan cuaca saat pelaksanaan perlombaan anginnya sepoi-sepoi saja namun peserta tetap semangat untuk menyelesaikan hingga finish. Belasan peserta berusaha menyeimbangi sampan layarnya agar tetap terkendali hingga sampai finish”, terang deki yang juga ikut serta sebagai peserta salah satu sampan layar.

Tambah deki, Perlombaan sampan layar ini terbuka untuk umum dan yang dari berbagai kecamatan yang ada di Lingga.

Pemenang sampan layar berhak atas piala bergilir dan tetap serta bonus. Pemenangnya untuk saat ini dengan nama sampan panah beracun yang di tekongi awang nazar iman dari desa Kuala Raya dengan nama pisau korban, ungkap deki.

Sementara sang juara 1 dengan nama sampannya panah beracun yang di tekongi awang nazar iman mengatakan, “ini event yang ketiga kalinya dan saya baru dua kali berturut turut menjuarai, tentunya keberhasilan ini bukan karena saya memimpin tapi semata karena kekompakkan tim. Kita diwajibkan setiap sampan harus berempat orang dengan satu orang sebagai komando”.kata nazar yang juga menjabat sebagai dewan pembina IWO Lingga.

Sedangkan urutan sang juara terdiri dari Badai biru juara harapan 1 dari desa Bakong, Sampan indra bupala juara harapan 2 dari desa Kuala Raya, sampan layar Putra melayu juara harapan 3, Sedangkan untuk juara 3 dengan nama sampan putri lingga dari desa Kote. Sampan layar dengan nama Bini molek juara 2 dari desa kuala raya,  untuk sang Juara 1 dengan nama sampan layarnya Panah beracun dari desa kuala Raya.(ihn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *