Polres Lingga Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Brata 2018

IL-Jajaran Polres Lingga menggelar apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2018. Operasi itu digelar untuk menjaga keamanan selama pelaksanaan Pemilu 2019 yakni Pileg. dan Pilpres.

Apel gelar pasukan operasi mantap brata 2018 itu digelar di lapangan merdeka Dabo Singkep, Rabu (19/09/2018) yang dipimpin oleh Wakapolres. Lingga Kompol. Ikhsan Syahroni.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan Wakapolres. Lingga tersebut menyampaikan, Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata 2018 dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2019.

“Apel gelar pasukan ini diselenggarakan diseluruh jajaran dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personel, sarana dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan, dengan demikian Pemilu tahun 2019 akan dapat terselenggara dengan aman, lancar dan damai,”, katanya.

Dalam kacamata Kamtibmas, kata Wakapolres. Lingga, peningkatan intensitas kegiatan politik tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan.

Diantaranya yang cukup menjadi perhatian bagi Polri adalah pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa serta penyebaran hoax dan hate speech yang berpotensi menimbulkan konflik sosial ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

“Untuk itu Polri dibantu dengan unsur TNI dan Stakeholders terkait lainnya akan menggelar operasi Kepolisian terpusat dengan sandi “Mantap Brata 2018” yang dilaksanakan selama 397 hari terhitung mulai tanggal 20 September 2018 sampai dengan 21 Oktober 2019,” katanya lagi.

Hadir juga dalam apel gelar pasukan operasi mantap Brata 2018 itu Bupati Lingga H. Alias Wello, S.IP, Ketua DPRD Kab. Lingga Drs. Riono, para SKPD, Ketua KPU Kab. Lingga Juliyati, Bawaslu Kab. Lingga, para Calon Legislatif, Kabag. Kasat. Kapolsek. serta jajarannya.

Pada akhir acara, pelaksanaan kegiatan Apel gelar pasukan mantap Brata 2018 tersebut ditutup dengan kegiatan simulasi oleh pihak Polres Lingga dalam proses pengamanan jalannya pemilu 2019 mendatang.(ihn)

Bupati Lingga bersama Wakapolres. Lingga saat melihat langsung persiapan pasukan mantap Brata 2018
Para peserta Apel gelar pasukan mantap Brata 2018

Personil Polres. Lingga dalam proses simulasi pengamanan jalannya pemilu 2019
Peserta demonstrasi
Salah satu demonstran yang mencoba merusak jalannya pemilu

 

Pihak keamanan mencoba mengamankan salah satu provokator dalam demonstrasi tersebut
Salah satu demonstran mencoba melakukan tindakan yang anarkis
Pihak keamanan mencoba membantu salah satu peserta demonstran yang terluka
Masa dapat dibubarkan dengan menggunakan mobil water Cannon oleh pihak keamanan

Foto bersama Bupati Lingga bersama dengan para peserta Apel gelar pasukan operasi mantap Brata 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *