2017 Hingga 2019, 10 dari 11 Puskesmas di Lingga Lulus Akreditasi

Berdasarkan Survei Oleh Komisi Akreditasi FKTP Kementrian Kesehatan RI

Info (Lingga)- Mulai tahun 2017 hingga 2019, 10 dari 11 Puskesmas yang ada di Kabupaten Lingga lulus Akreditasi. Hal ini berdasarkan hasil survei yang sudah dilakukan oleh Komisi Akreditasi FKTP Kementrian Kesehatan RI.

Kepala DKPPKB Kab. Lingga, dr. Asri Wijaya, melalui Kasi Pelayanan Kesehatan, Ahmad Mudlofir pada media infolingga.net mengatakan, “tahun ini ada 3 Puskesmas di Lingga yang menjalani proses Akreditasi, yaitu Puskesmas Lanjut, Kec. Singkep Pesisir, Puskesmas Posek, Kec. kepulauan Posek serta Puskesmas Resang, Kec. Singkep Selatan. Alhamdulillah, 2 puskesmas sudah selesai survei dan lulus, yaitu Puskesmas Lanjut lulus dengan kategori utama bintang 3 dan Puskesmas Posek lulus dengan kategori madya bintang 2. Selanjutnya, Puskesmas Resang direncanakan akan di survei pada tanggal 4-8 Desember 2019 ini”, ungkap Ahmad, Minggu (24/11/2019).

Ahmad Mudlofir menjelaskan, adapun rincian mengenai Akreditasi puskesmas dengan rincian sebagai berikut :
1. Tahun 2017 ada 3 puskesmas yang di survei, yaitu:
a. PKM Dabo Lama lulus Madya
b. PKM Raya lulus Dasar
c. PKM Penuba lulus Dasar

2. Tahun 2018
a. PKM Daik lulus Madya
b. PKM Senayang lulus Madya
c. PKM Pancur lulus Madya
d. PKM Sungai Pinang lulus Madya
c. PKM Tajur Biru lulus Dasar

3. Tahun 2019
a. PKM Lanjut lulus Utama
b. PKM Posek lulus Madya
c. PKM Resang tanggal 4-8 Desember 2019 jadwal surveinya.

Jadi, Insya Allah jika Puskesmas Resang sudah tersurvei maka 11 Puskesmas di Kab. Lingga tuntas terakreditasi, dan kita berharap Puskesmas Resang bisa lulus utama”, harap Ahmad.

“Harapannya semua puskesmas di Kab. Lingga bisa terstandarisasi yang sama, baik tatagraha, managemen, pelayanan kesehatan, SDM, sarana prasarana dan alat kesehatannya.

Kemudian, lanjut Kasi Pelayanan Kesehatan DKPPKB ini, “dengan terakreditasinya sebuah Puskesmas, maka pelayanan kesehatan yang bermutu kepada masyarakat dapat diberikan dengan baik serta kerja sama dengan BPJS Kesehatan dapat terus berkesinambungan”, terang Ahmad.(ihn)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *