Agoeng Soetono Gantikan Sui Hiok

IL-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lingga mengelar Sidang Paripurna Istimewa pengucapan sumpah janji anggota DPRD Pengganti Antar Waktu (PAW) dari Partai Hanura masa jabatan 2014-2019.

Kegiatan ini dipimpin langsung Ketua DPRD Lingga, Drs Riono di ruang paripurna gedung DPRD Lingga, Kamis (22/11/2018).

Paripurna ini dihadiri oleh Wakil Bupati Lingga M Nizar, anggota DPRD, jajaran SKPD dan sejumlah petinggi dan pengurus partai Hanura.

Seperti diketahui Agoeng Soetono mendapatkan suara terbanyak ke 3 setelah dua kursi melenggang masuk ke DPRD Lingga pada Pemilu 2014 lalu.

Pindahnya Sui Hiok ke Partai Demokrat mengikuti Pemilu 2019 mendatang, membuat kedudukan anggota DPRD Lingga ada yang kosong.

Agoeng Soetono dilantik sebagai PAW, yang akan menduduki  kursi DPRD Lingga hingga September 2019 mendatang atau sisa masa jabatan 2014-2019.

Ketua DPRD Lingga, Riono mengatakan PAW Sui Hiok merupakan tindak lanjut dari surat keputusan (SK) DPC Hanura tentang perihal tersebut.

Bahkan dia mengakui pengunduran diri Sui Hiok, merupakan permohonan dirinya secara pribadi kemudian ditindaklanjuti sesuai surat keputusan Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), melalui Bupati Lingga.

“Pemberhentian dan pengangkatan berdasarkan SK Gubernur nomor 1153 tahun 2018,” kata Riono.

Sebelumnya, proses untuk pergantian Sui Hiok sempat tertunda karena adanya perbedaan pendapat di dua kubu pimpinan partai yang saling mendesak. Satu di antaranya menyatakan PAW harus cepat dan satu lagi diperlambatkan.

Namun menurut Riono, hal ini biasa karena merupakan bagian dari demokrasi dan bukan konstitusi yang harus dijalankan. Sehingga dalam konteks dan kedudukan DPRD Lingga, bagi anggota baru tetap memiliki tanggung jawab yang sama sebagai mitra kerja pemerintah daerah. Justru hal tersebut bagian dinamika keanggotaan anggota DPRD yang dapat terjadi kapan saja.

“Ini merupakan hal biasa dalam dunia politik. Terutama dalam fungsi legislatif dan pengawasan,” ujarnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Sui Hiok atas kerja dan jasa selama menjalankan amanah rakyat di DPRD. Ia juga memberikan selamat kepada Agoeng Soetono yang baru saja mengambil sumpah jabatan yang dipimpinnya langsung.

“Saya berharap Agoeng bisa menjalankan mandat dan tanggung jawab yang telah diberikan. Satu terhadap partai politik dan satu amanah rakyat selama masa jabatan yang tersisa,” lanjut dia.

Sementara, Agoeng Soetono mengatakan siap menjalankan amanah yang dibebankan kepadanya. Sebagaimana anggota DPRD lainnya, dia siap berjibaku merakyat. Menjalankan fungsi DPRD sebagaimana yang ditentukan undang-undang.

Perihal lain, melihat karakteristik di Kecamatan Senayang yang harus diperjuangkan yakni pendidikan, kesehatan dan perikanan.

Menurutnya, PAW bagi anggota DPRD merupakan sebuah proses politik yang harus dilakukan sebagai upaya untuk memenuhi kelengkapan keanggotaan DPRD.

“Saya mengucapkan syukur, karena proses ini jadi. Kepada DPRD Lingga, kepada partai, kepada semua yang hadir, Insyaallah saya akan berjuang di pentas politik untuk Hanura,” kata dia.(ihn)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *