Desa Sungai Besar Panen Padi Inpara 3

IL-Dengan kondisi cuaca panas belakangan yang menyerang Kabupaten Lingga, Desa Sungai Besar berhasil melakukan panen padi untuk yang kesekian kalinya, Senin (25/03/2019).

Menurut Kades Sungai Besar, Nazaruddin, dengan panen padi ini membuat masyarakat sekitar lebih termotivasi untuk bercocok tanam padi, karena sebenarnya menanam padi tidaklah serumit yang dibayangkan apalagi lahan telah disediakan dan sudah siap ditanam, Senin (25/03/2019).

“Alhamdulillah, untuk panen kali ini hasilnya lebih memuaskan. Jika dibandingkan dengan varietas padi sebelumnya, nampaknya untuk Inpara 3 ini lebih cocok untuk kondisi tanah di Desa Sungai
Besar ini,” kata beliau menjelaskan.

Nazarudin menambahkan, padi Inpara 3 yang mereka panen tersebut juga lebih tahan dengan kondisi air yang sulit saat ini.

“Yang panen dulu sudah bagus juga hasilnya, tapi yang panen kali ini jauh lebih baik. Kalau dulunya daunnya kuning, tapi padinya belum kuning. Kalau sekarang, daunnya masih hijau, padinya sudah kuning dan hasilnya juga lebih bagus,” kata dia.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga, Siswadi, melalui Kabid Pertanian, Hernowo, mengatakan bahwa Hasil panen padi varietas inpara 3, produktivitas 3,9 ton per hektar.

“Adapun lokasi tanam berada di belakang gudang penggilingan padi, dengan menggunakan sistem tanam tabela (tabur benih langsung)”, terangnya.

Menurutnya, “penanaman padi tersebut berada di lahan kering, tidak ada saluran irigasinya, pengairannya juga dengan  tadah hujan, namun padi tersebut bisa tumbuh dan sekarang dapat di panen, kami berharap hal ini tentunya dapat memotivasi para petani lainnya untuk lebih semangat lagi menanam padi”, terangnya.

Diketahui, Pemkab Lingga sangat mendukung aktitifas masyarakat bercocok tanam padi, karena ini merupakan salah satu andalan dari 4 program besar Awe-Nizar

Hadir pada acara panen tersebut, penyuluh pertanian kabupaten Lingga, Nana Rohana dan penyuluh Pertanian Provinsi, Teddy, serta dibantu pendamping sawah alumni D1 Pertanian IPB, Kades Sungai Besar beserta stafnya.(ihn)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *