Diduga, Aktivitas Penyelundupan Timah Keluar Lingga Kembali Marak

Keterangan foto : Kasat Reskrim polres Lingga, AKP. Yudi Arvian

IL-Aktivitas penyelundupan timah keluar Lingga diduga kembali marak. Hal ini berdasarkan ungkapan Ketua Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Kabupaten Lingga Azrah, (10/02/2019).

“Saya rasa sudah tidak rahasia lagi di Dabo kalau saat ini aksi penyelundupan timah kembali marak. Beberapa daerah pesisir pantai di Kecamatan Singkep, Singkep Pesisir dan Singkep Selatan dijadikan tempat keluarnya timah,” kata Azrah.

Azrah membeberkan, modus yang digunakan untuk menyelendupkan timah keluar Lingga tidak lagi menggunakan kapal besar yang membawa timah ke daerah tujuan, tapi membawa timah menggunakan pompong untuk selanjutnya dinaikan ke kapal yang lebih besar di tengah laut.

“Beberapa hari belakangan juga telah beredar kabar bahwa para penyelundup timah telah berhasil membawa timah keluar dari Kabupaten Lingga,” ujarnya.

Sementara itu Kapolres Lingga AKBP. Joko Adi Nugroho, S.I.K.,M.T., melalui Kasat. Reskrim. AKP. Yudi Arvian ketika dikonfirmasi, berjanji akan menindak para pelaku penyeludupan timah yang ada di Kabupaten Lingga khususnya Dabo Singkep.

“Berdasarkan Undang-Udang Nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara, kegiatan tersebut masuk kategori ilegal dan bisa dipidana 10 tahun penjara,” ujarnya Kasat Reskrim polres Lingga.

Yudi berharap, masyarakat bisa segera melaporkan ke pihak Kepolisian jika melihat dan mengetahui adanya penyelundupan timah di Kabupaten Lingga.

“Kami meminta kepada masyarakat untuk melaporkan apabila melihat atau mengetahui adanya penyelundupan timah, dan pasti akan kita lakukan penindakan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tegasnya.(rsln/ihn)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *