Disdukcapil Gelar Rapat Koordinasi Bersama RT/RW

Disdukcapil Minta Data Kependudukan Akurat

IL-Sampai saat ini masih ada data masyarakat yang tidak akurat seperti data penduduk yang ganda dan lainnya. Guna mengatasi persoalan tersebut, Dinas kependudukan dan Pencatatatn sipil (Disduk Capil) Kabupaten Lingga, menggelar rapat koordinasi bersama RT/RW se-Kelurahan Sungai Lumpur. Kamis (25/10/2018).

Sekretaris Disduk Capil, Muhammad, mengakui masih banyak menemui data-data yang seharusnya belum dimiliki atau belum sebenarnya ada, seperti, ganda, duplikat rekot, ganda elemen dan ada data yang masih diragukan apakah data tersebut benar.

“Karena masih kita temukan datanya ada tapi orang yang didata tersebut sudah tidak ada, apakah orang tersebut sudah pindah ataupun sudah meninggal,” kata Muhammad.

Untuk itu, ia mengharapkan kerja sama RT/RW untuk mendata seluruh warganya. Hal ini agar jika ditemukan yang datanya masih ada, sementara orang yang didata tersebut sudah tidak lagi di Lingga, data tersebut akan dihapus.

Karena dalam memverifikasi data, lanjut Muhammad, para RT/RW yang tahu apakah data tersebut sudah benar atau tidak. “Jangan sampai Kartu Keluarga (KK) ada, tapi orangnya tidak ketahui siapa dan dimana keberadaannya,” ujarnya.

Selain itu, jelas Muhammad, pihaknya menemukan kalau satu orang yang memilili dua NIK, dimana orang tersebut masih terdata sebagai penduduk Lingga. Namun juga terdata di kabupaten lain.

“Kita tanyakan kepada dia mau ikut kabupaten mana. Karena salah satunya akan kita hapus. Kita tidak mau pada pemilihan, undangan kita antar untuk dia memilih tapi orangnya tidak ada. Kalau kejadiannya begitu kita kan malu. Mengeluarkan undangan kepada orang yang sudah tidak berada di tempat,” terangnya.

Rapat koordinasi yang digelar Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lingga dengan RT/RW se-Kelurahan Sungai Lumpur yang dilaksanakan Kantor Lurah Sungai Lumpur itu mendapat perhatian dari RT/RW peserta rapat yang hadir. Mengingat perlunya mendapat data warga yang benar dan akurat.(ihn)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *