DKPPKB Kab. Lingga Gelar Rapat Penguatan Kelembagaan Tim Pembina dan Forum KKS

Keterangan foto : rapat koordinasi terkait Penguatan Kelembagaan Forum Kabupaten/kota Sehat

Info (Lingga)- Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab. Lingga menggelar rapat koordinasi terkait Penguatan Kelembagaan Forum Kabupaten/kota Sehat. Kegiatan berlangsung di ruang pertemuan DKPPKB Lingga, Selasa (11/02/2020) pagi.

Hadir pada acara tersebut, Kepala seksi Kesling dan Kesjaor Prov. Kepri, Asmali, SKM, M.Si., Plt. Kepala DKPPKB Kab. Lingga, Syamsudi beserta Sekretaris DKPPKB Lingga, Ketua Forum KKS Kab. Lingga, Hj. Heryulita Wello beserta anggota forum KKS Kab. Lingga, perwakilan dari OPD Kab. Lingga serta Camat Singkep Barat.

Pada kesempatan itu, Plt. Kepala DKPPKB Kab. Lingga, Syamsudi membuka secara resmi acara rapat koordinasi dan berharap agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang baik dalam mewujudkan Kabupaten/kota Sehat di Kabupaten Lingga.

Sementara itu, Kepala Seksi Kesling dan Kesjaor Provinsi Kepri, Asmali, SKM, M.Si., mengatakan bahwa, “kegiatan ini dilaksanakan untuk mewujudkan Kabupaten/kota sehat dimana Kabupaten/kota sehat merupakan suatu kondisi Kabupaten/kota yang bersih, nyaman dan aman yang dicapai melalui kegiatan yang terintegrasi dan disepakati masyarakat serta pemerintah daerah,” kata Asmali.

Hal ini berdasarkan Peraturan bersama menteri dalam negeri dan menteri kesehatan no 34 tahun 2005 tentang pedoman penyelenggaraan Kabupaten/kota sehat.

Asmali mengungkapkan bahwa pada tahun ini, Prov. Kepri akan melakukan peninjauan untuk Kab. Lingga yang akan maju ke tingkat selanjutnya yaitu Wiwirda. “Untuk mewujudkan itu tidak mungkin juga Kabupaten Lingga untuk mendapatkan penghargaan Wiwirda hanya dilakukan oleh satu lembaga saja, namun itu pekerjaan bersama dan hanya dapat diraih dengan cara bekerja sama,” ungkap Asmali.

Oleh karena itu, “Kami selalu mendorong dan mendukung setiap kabupaten dan kecamatan agar selalu melaksanakan kegiatan program kota sehat. Forum ini harus berfungsi, harus turun ke lapangan, harus membuat jadwal dan rencana kerja, namun juga harus difasilitasi oleh SKPD, artinya, walaupun ini kerja sosial namun harus memiliki anggaran khusus dalam forum Kabupaten/kota sehat ini sehingga pekerjaan ini dapat dijalankan dengan maksimal,” tuturnya.

Asmali berharap, “dengan rapat koordinasi ini, adanya Sinergitas antar lembaga di kabupaten Lingga agar dapat bekerjasama mewujudkan Kabupaten Lingga menjadi Kabupaten/kota sehat dan mampu meraih penghargaan wiwirda nantinya,” harap Asmali.

Diketahui, pada tahun 2019 yang lalu, Provinsi Kepri telah mampu mendorong seluruh kabupaten/kota di wilayah Provinsi Kepri dalam memperoleh penghargaan sebagai Kabupaten/kota sehat.(ihn)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *