Gandeng Balmon, RBTM Terus Upayakan Peningkatan Kualitas Layanan

IL-Menindaklanjuti kedatangan tim dari Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Bunda Tanah Melayu yang beberapa waktu lalu bertandang ke kantor Balai Monitoring (Balmon) Provinsi Kepulauan Riau untuk berkoordinasi terkait proses pengurusan Izin Spektrum Radio (ISR), maka kali ini giliran dari pihak Balmon Batam yang datang berkunjung ke Lingga. (18/06/2019).

Adapun maksud dari kedatangan tim Balmon kelas II Batam ke Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Bunda Tanah Melayu kabupaten Lingga adalah dalam rangka monitoring, dan pengecekan kelengkapan izin stasiun radio.

Pada pelaksanaannya, Tim ini dibantu oleh kru radio bunda tanah melayu dan di dampingi PPTK Ibu Ima Rosida, S.Pd. M.Si dalam melakukan pengecekan wilayah layanan di pulau Lingga. Disamping itu, juga dilakukan pengecekan teknis perangkat pemancar radio untuk memastikan bahwa tidak ada frekuensi yang menyimpang atau menyalahi aturan yang diberlakukan oleh pemerintah.

Dalam proses pengecekan bersama tim di lapangan, pihak Balmon dan RBTM mengambil lokasi yang berbeda-beda. Yakni diantaranya di Sungai Besar, Sungai Mentengah, Musai, Tanjung Bungsu, Linau dan Bukit Cening, serta yang terakhir di RBTM sendiri. Walaupun harus menempuh medan yang cukup sulit dengan sedikit guruyan hujan, seluruh tim tetap semangat bekerja untuk memastikan layanan informasi yang disampaikan oleh RBTM bisa menjangkau wilayah yang lebih luas.

Setelah dilakukan pengecekan selama dua hari berturut-turut (18-19 Juni 2019) dibeberapa spot tersebut, maka diperoleh hasil untuk saat ini, pihak Balmon menginformasikan bahwa untuk peningkatan kualitas layanan, perlu dilakukan peningkatan daya. Namun demikian, dari hasil analisa yang dilakukan bersama tim, tidak ditemukan adanya penyimpangan atau kebocoran frekuensi.

Hasil penting dari pengecekan dan monitoring inilah yang selanjutnya akan menjadi bahan pertimbangan dalam rapat pleno evaluasi uji coba siaran, yang merupakan proses akhir untuk mendapatkan izin prinsip penyiaran tetap.

Dari hasil monitoring tersebut, untuk peningkatan kualitas kedepan, pihak Balmon merekomendasikan agar bisa mengevaluasi perangkat pemancar yang selama ini digunakan, serta menyesuaikan dengan izin yang sudah terdaftar dan juga mengecek spesifikasi antena yang lebih baik.

Diketahui turut serta dalam rombongan yang diketuai oleh Harmen Boy itu, juga hadir M.Bakti S.Silaban; Marlina Evayani Panjaitan; Desi Nurmasari dan Febriwandi.

Pasca monitoring dan pengecekan di lapangan oleh tim dari Balmon dan RBTM Kabupaten Lingga, Ima Rosida berharap agar kedepannya, RBTM fm senantiasa eksis dan mampu menjangkau ke pelosok Kabupaten Lingga hingga sampai ke luar Kabupaten Lingga, serta terus menyampaikan informasi arif dan cerdas kepada masyarakat.

Untuk informasi, radio Bunda Tanah Melayu yang belum lama beralih frekuensi ke 88.0 fm ini, juga bisa diakses melalui ragam gedget yang terkoneksi dengan internet. Yakni dengan mengakses situs daring mereka di http://bundatanahmelayufm.com/. Diharapkan, kehadiran website radio online ini mampu mengobati rasa rindu para perantau asal Kabupaten Lingga yang berada jauh di negeri orang. (RS/ihn)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *