History Berdirinya Mesjid Besar Az-zulfa di Dabo Singkep

Foto : Masjid Az-zulfa tahun 1977
Foto : Masjid Az-zulfa tahun 1977

IL-Singkep adalah nama sebuah pulau di wilayah Kepulauan Riau. Dalam perjalanan sejarahnya, Pulau Singkep merupakan sebuah kecamatan dengan ibu kotanya Dabo. Pulau Singkep dikenal sebagai Pulau Penghasil Timah dengan reputasi penambangan selama hampir dua abad (1812-1992). Singkep pernah mengalami masa kejayaan baik di bidang perekonomian dan kesejahteraan dikarenakan adanya pertambangan timah (PT. Timah,atau UPTS ) yang cukup besar yang menopang segala kemajuan di Singkep.
Namun sekitar tahun 1990-an Singkep mengalami masa kemunduran karena tutup PT.Timah dan sekian tahun lamanya Singkep berada pada masa-masa transisi yang dipenuhi berbagai masalah, baik ekonomi, kesejahteraan maupun banyaknya permasalah yang datang silih berganti. Pada saat ini, pulau ini dipenuhi dengan danau-danau bekas galian timah tanpa upaya rehabilitasi secara signifikan. Kondisi ini semakin diperparah dengan hadirnya Perusahaan Penambangan Pasir Tailing Timah sejak 1993.

Adapun sebagian besar masyarakat Singkep beragama Islam dan salah satu bangunan bersejarah yang religius yang masih berdiri megah di pusat kota Dabo yaitu bangunan mesjid Az-zulfa. Meskipun singkep tidak sejaya dulu lagi namun bangunan peninggalan zaman perusahaan timah masih berdiri kokoh dan menjadi saksi bisu dalam perubahan zaman, salah satunya yaitu bangunan masjid Az-zulfa. Bangunan ini dibangun pada tanggal 01 April 1961 (15 Syawal 1380) dan selesai: 15 Desember 1963 (29 Rajab 1383). Diresmikan: 05 Januari 1964 (20 Syaban 1383) dan siap digunakan mulai tanggal 10 Januari 1964 (25 Syaban 1383).

Foto : Pembuatan kubah Masjid Az-zulfa
Foto : Pembuatan kubah Masjid Az-zulfa

Masyarakat dabo merupakan masyarakat yang religius, mayoritas masyarakatnya memeluk agama islam , namun ada pula agama lain seperti keristen dan budha. Masjid azzulfa merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat singkep,sebagai masjid raya yang memiliki seni arsitektur timur tengah ini dibangun pada tahun 1961 oleh UPTS(unit penambangan timah singkep) untuk kepentingan peribadatan masyarakat umat islam khususnya. tidak banyak masjid yang memiliki keindahan seni arsitektur seperti masjid azzulfa ini, selain itu pula ada suatu keistimewaan pada masjid ini yakni sebuah tulisan kaligrafi yang terbuat dari timah yang terpajang diatas pintu masuk masjid ini. walaupun singkep tidak lagi sebagai pulau penambangan timah seperti dulu namun setidaknya ada suatu bukti yang menandai kejayaan dimasa itu.

Hingga kini mesjid Az-zulfa tersebut menjadi mesjid yang paling banyak di kunjungi masyarakat, baik dari dalam maupun luar pulau Dabo Singkep dan menjadi salah satu bangunan paling historis di Dabo Singkep.(ihn)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Infolingga

Media Informasi dan Hiburan Seputar Kepri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *