Kabupaten Lingga Akan Gelar Pilkades Serentak di 75 Desa Pada 21 Juli Mendatang

Ket. Foto: Kabid Pemerintahan Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Suarta Andika

Infolingga.net, Lingga – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga menetapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2021 digelar pada 21 Juli mendatang.

Sesuai dengan Keputusan Bupati Lingga nomor: 266/KPTS/IV/2021 tentang Penetapan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Lingga Tahun 2021.

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Suarta Andika mengatakan, sebanyak 75 Desa di Lingga akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Kades) serantak pada tanggal yang sudah ditetapkan.

“Insyallah kalau tidak ada kendala, tanggal 21 bulan Juli mendatang, sebanyak 75 Desa yang ada di Lingga akan melaksakan Pemilihan Kepala Desa secara bersamaan atau serentak,” ujar Suarta Andika, Senin, 7/6/2021.

Baca juga: Minimnya Pengetahuan Masyarakat Desa Langkap, Sebabkan Masyarakat Enggan Untuk Divaksinasi

Suarta menjelaskan DPMD Lingga akan menghibahkan Anggaran kepada Panitia Penyelenggara di desa sebesar 25 juta rupiah setiap desa, yang bersumber dari APBD Lingga sesuai dengan Peraturan Bupati Lingga nomor 30 tahun 2021 tentang “Petunjuk Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2021”.

“Nantinya setiap Desa juga dapat bantuan dana tunai sebesar 25 juta rupiah, untuk keperluan dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa yang bersumber dari APBD Lingga tahun 2021, kalau seandainya anggaran dari APBD tidak mencukupi, Pemdes boleh juga mengalokasikan Anggaran Desa untuk kebutuhan Pilkades,” jelas Suarta.

Suarta menambahkan, untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lingga, Dia meminta Panitia Penyelenggara Pilkades harus menerapkan protokol kesehatan dalam proses pelaksanaan pemungutan suara nantinya. (Red)

Recommended For You

About the Author: Cahyo Aji

Media Informasi dan Hiburan Seputar Kepri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *