Kabupaten Lingga Kedatangan Tim Verifikasi Kota Sehat Tingkat Nasional

Keterangan foto : Asisten II Pemkab. Lingga, Yusrizal, S.H., saat menyerahkan cinderamata kepada Tim Verifikasi Kota Sehat Kemenkes, Iwan Nafawan

Info (Lingga)-Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat (KKS) dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri Kunjungi Lingga. Kunjungan tersebut dalam rangka melakukan verifikasi KKS tingkat nasional, Senin (23/09/2019).

Kegiatan penyambutan tersebut dilaksanakan di Gedung Nasional Dabo Singkep. Acara tersebut turut dihadiri oleh Bupati Lingga yang diwakili oleh Asisten II Pemkab. Lingga, staf ahli, kepala SKPD, camat, Lurah dan Kepala Desa Lingkup Kab. Lingga.

 

Bupati Lingga, H. Alias Wello, melalui Asisten II, Yusrizal, S.H., menyampaikan terima kasih atas kehadiran Tim Verifikasi KKS di Kabupaten Lingga.

“Semoga saja dengan kehadiran tim verifikasi KKS dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri, dapat selalu memberi inspirasi dan komitmen untuk mewujudkan Lingga menjadi Kabupaten sehat,” ungkap Yusrizal dalam sambutannya.

Yusrizal juga mengutarakan bahwa, “untuk mewujudkan kota sehat, adalah suatu tantangan yang besar. Program Kabupaten kota sehat merupakan program yang harus dijalankan bersama, butuh proses, upaya yang terus-menerus dan berkelanjutan”, terangnya.

Namun, ia meyakini bahwa Lingga mampu mewujudkan itu,” dengan bersama yaitu sinergitas antara pemerintah, stakeholder serta masyarakat, Kabupaten Lingga mampu menjadi dan meraih penghargaan sebagai Kabupaten sehat””, ungkapnya.

Sementara itu, Tim Verifikasi dari Kementerian Kesehatan, Iwan Nefawan menjelaskan bahwa kedatangan tim verifikasi bertujuan untuk memberikan sosialisasi serta penilaian lapangan KKS.

Menurutnya, KKS adalah bagaimana berkompetisi dengan diri sendiri, bukan dengan kabupaten dan kota lain.

Ia menjelaskan, ada tiga pilar pembangunan untuk mewujudkan masyarakat sehat yaitu adanya kolaborasi antara pemerintah, masyarakat dan pihak swasta.

Lebih jauh ia menerangkan bahwa, “dalam verifikasi lapangan ini, bukan hasil yang menjadi poin utamanya namun yang paling penting adalah bagaimana pemerintah dan masyarakat untuk saling berhubungan dan bekerjasama untuk mencapai kesejahteraan masyarakat”, terangnya.

Ditempat yang sama, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kab. Lingga, Dr. Asri Wijaya menjelaskan bahwa, ada beberapa titik lokasi yang akan ditinjau nanti, seperti puskesmas dan polindes, jelasnya.

Ia juga menambahkan, “Kabupaten Lingga merupakan Kabupaten yang akan mewakili Provinsi Kepulauan Riau dalam Kategori Kabupaten Kota Sehat secara Nasional”, tutupnya.(ihn)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *