Kejari Lingga Gelar Rakor Pakem

Deteksi Aliran Menyimpang

Info (Lingga)-Kejaksaan Negeri (Kejari) Lingga gelar Rapat Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan Masyarakat (Pakem) Kabupaten Lingga tahun 2019, yang dilaksanakan di ruang pertemuan One Hotel, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Selasa (26/11/2019).

Rakor yang dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Negeri Lingga Imang Job Marsudi didampingi Kasi Intel Andy Sofyan mengatakan, rakor yang dilaksanakan guna untuk melakukan pengawasan dan mendeteksi secara dini terhadap kegiatan-kegiatan aliran kepercayaan yang ada di masyarakat terkait aliran keagamaan yang menyimpang.

“Tujuannya itu untuk melakukan pembinaan, jadi jangan sampai nanti, ada aliran kepercayaan yang bertujuan untuk membentuk agama baru, terus aliran-aliran agama kepercayaan yang bisa mengganggu ketertiban umum dan meresahkan masyarakat,” kata Imang Job Marsudi, Selasa (26/11/2019).

Untuk itu rapat koordinasi tersebut dilaksanakan guna melakukan deteksi secara dini, terkait hal-hal yang menyimpang terhadap kepercayaan keagamaan dengan melibatkan berbagai unsur terkait dan pilar terdepannya adalah FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama) yang langsung berinteraksi dengan masyarakat.

“Tujuan untuk terciptanya kondisi yang kondusif, aman dan damai. Kita mengharapkan terjalin kerukunan umat beragama agar tidak terjadi perpecahan, konflik, atau potensi-potensi yang kearah itu,” kata Imang Job Marsudi.

Lebih jauh dikatakan Imang Job Marsudi, untuk sejauh ini khususnya di Kabupaten Lingga melalui rakor yang telah dilaksanakan Lingga secara umum masih dalam keadaan aman dan kondusif. Namun demikan lanjut Imang Job Marsudi, kewaspadaan tetap harus ada, dengan melakukan pencegahan dini jangan sampai hal yang tidak diingikan terjadi baru akan dilakukan penindakan.

“Tadi kan kita sudah menyerap informasi yang disampaikan oleh rekan-rekan yang hadir untuk mendeteksi sejak dini, apakah nantinya hal tersebut dapat menimbulkan konflik, apakah itu dapat menimbulkan disharmoni ditengah masyarakat. Sejauh ini Lingga secara umum masih dalam keadaan aman” kata Imang Job kepada wartawan.

Adapun kegiatan rakor yang dilaksanakan oleh Kejaksaan Negeri Lingga diantaranya dihadiri oleh, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Lingga, Intelkam Polres Lingga, Kesbangpol, Kadis Pendidikan, BIN Posda Lingga, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat.(fkr)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *