Pantai Todak Lingga, Akan Kembali Dijadikan Lokasi Latihan Personel TNI AL

Info (Lingga)-Pantai Todak di Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, akan kembali dijadikan lokasi latihan personel TNI Angkatan Laut.

Komandan Pangkalan TNI AL Dabo Letkol Laut (P) Zul Fahmi mengatakan, Pantai Todak akan kembali dijadikan lokasi latihan tempur personel TNI AL.

Pada hari ini, Jumat (26/06/2020), sembilan perwira dari Mabes TNI AL telah tiba dan melakukan survei di Pantai Todak Dabo Singkep.

“Rombongan telah melakukan survei terhadap daerah latihan tempur TNI AL yang berada di Pantai Todak, Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep,” kata Zul Fahmi, Jumat (26/06/2020).

Adapun 9 perwira TNI AL yang melakukan survei tersebut bertujuan untuk mendapatkan sejumlah data yang sesuai bidang dan keahlian mereka masing-masing.

Nantinya hal itu akan dijadikan referensi dalam penyelenggaraan latihan setelah melaksanakan survei di lokasi latihan TNI AL Dabo Singkep tersebut.

Survei yang dilakukan di antaranya untuk menentukan lokasi pendaratan.

“Selain itu, data yang diperoleh juga berkaitan daya dukung wilayah yang dapat diberdayakan untuk mendukung operasi militer. Seperti fasilitas bandara, pelabuhan, rumah sakit serta instansi pemerintah lainnya baik sipil, TNI dan Polri,” kata Zul.

Kegiatan survei daerah latihan tersebut merupakan tahap pendahuluan untuk mendukung rencana penyelenggaraan latihan pendaratan amfibi yang akan melibatkan sejumlah KRI jajaran Komando Armada I dan kekuatan marinir yang direncanakan dan dipimpin oleh Panglima Koarmada I dalam waktu dekat.

Bahkan, dalam pelaksanaan kegiatan latihan nantinya juga akan diadakan kegiatan bakti sosial untuk masyarakat sekitar.

“Bakti sosial yang akan dilakukan diantaranya pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan, bantuan alat tangkap ikan kepada nelayan, serta beberapa kegiatan lainnya yang dipusatkan di lapangan sepak bola Dusun Kebun Nyiur, Desa Batu Berdaun,” kata Zul Fahmi.(ihn)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *