Pemkab. Lingga Bersama Kejari Lingga Tandatangani Perjanjian Kerjasama

Keterangan foto : penandatanganan perjanjian kerjasama oleh Bupati Lingga

Info (Lingga)- Pemerintah Kabupaten Lingga bersama Kejaksaan Negeri Lingga menggelar kegiatan penandatanganan perjanjian kerjasama tahun 2020. Acara berlangsung di Gedung Nasional Dabo Singkep, Kec. Singkep, Kab. Lingga, Rabu (15/01/2020) pagi.

Hadir pada acara tersebut, Bupati Lingga,H. Alias Wello, S.ip, M.tr. I.P. (Bupati Lingga), Imang Job Marsudi, SH,MH (Kajari Lingga) beserta jajaran di Kejari Lingga, Instansi Vertikal Pemkab. Lingga, H. Ridwan Mahadun (Ka. FKUB Kab.Lingga).

Pada sambutannya, Imang Job Marsudi, S.H., M.H., mengatakan, “ini merupakan kesempatan yang berbahagia bagi kami Kejaksaan Negeri Lingga karena sekali lagi kami mendapat kepercayaan dari Pak Bupati dengan ditandatanganinya perjanjian kerjasama antara pemerintah Kab. Lingga dengan Kejaksaan Negeri Lingga”, ungkap Kajari.

“Tentunya ini merupakan suatu amanah suatu kepercayaan, yang bagi kami dan suatu kehormatan luar biasa bahwa keberadaan kami juga mendapat apresiasi dari pemerintah daerah artinya mungkin juga manfaatnya dirasakan oleh Pemerintah Daerah”.

“Insya Allah kami akan sekuat tenaga, semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan kami untuk bisa berkontribusi terhadap pelaksanaan pembangunan dan berjalannya Pemerintahan di Kabupaten Lingga ini”, tuturnya.

Keterangan foto : Penandatanganan perjanjian kerjasama oleh Kepala Kejaksaan Negeri Lingga

Imang melanjutkan, “sebagaimana yang kita ketahui, bahwa dari OPD di bidang Teknis kemarin sudah banyak bekerjasama dengan kami, selain bidang tata usaha negara, dalam hal pengawalan pembangunan, itu di dampingi oleh (TP4D), namun untuk tahun 2020 ini program TP4D dihentikan sehingga sudah tidak ada lagi TP4D ini”.

Meskipun TP4D sudah tidak ada, bukan berarti kejaksaan berpangku tangan atau lepas tangan terhadap dinamika yang ada, tetapi kami tetap ikut berperan, berpartisipasi dalam bentuk pendampingan hukum, dalam bentuk pemberian pertimbangan-pertimbangan hukum, jadi meskipun berbeda dengan TP4D tapi Insya Allah kami tetap berusaha berkontribusi, untuk tetap ikut berpatisipasi dalam jalannya pembangunan dan Pemerintahan”, jelas Kajari Lingga.

Sementara itu, Bupati Lingga, H. Alias Wello, dalam kesempatan itu juga mengungkapkan, bahwa hari ini kita kembali mengadakan Penandatanganan kerjasama antara Pemda Lingga dengan Kajari seperti tahun-tahun sebelumnya. Intinya bagaimana kita bersama sesuai dengan beban kerja atau Tufoksi kita masing-masing saling bersinergi, untuk betul-betul taat pada azas kerja yang sesuai dengan koridornya sehingga dijauhkan dari hal-hal yang bersifat penyimpangan”, terang Awe sapaan akrab Bupati Lingga.

Awe melanjutkan, “saya terus terang termasuk salah satu yang risau juga dengan yang disampaikan oleh Kajari tadi tentang TP4D yang selama ini terus terang manfaatnya bagi kami sangat besar sekali, artinya pekerjaan-pekerjaan seharian kami itu bukan hanya persoalan persoalan bagaimana tindakan tindakan di lapangan tapi ada hal-hal yang juga pada tupoksi administrasi selalu memberikan implikasi terhadap persoalan-persoalan hukum.”

Hal inilah yang kami pandang perlu pendampingan- pendampingan karena kami juga menyadari keterbatasan keterbatasan kami dalam menafsirkan atau memahami lebih dalam dari kaidah-kaidah hukum yang berlaku itu.

Jadi, bukan sedikit yang kita lihat, yang kita baca, yang kita dengar, dan kita saksikan banyak para aparatur-aparatur di lingkungan eksekutif selalu terlibat kepada hal-hal yang bersifat koruptif dikarenakan pemahaman pemahaman terhadap aturan-aturan atau regulasi itu yang kadang-kadang terbatas.

Oleh sebab itu, mohon kiranya nanti kita kembali, bagaimana dengan tidak adanya lagi TP4D ini, ada formulasi kira-kira yang fungsinya sama sehingga agak meringankan beban kerja kami dari sisi persoalan-persoalan hukum.

Awe berharap, kepada pihak Kejaksaan mudah-mudahan dengan ditandatangani kerjasama ini senantiasa kita mengadakan pertemuan pertemuan rutin membantu kami dalam persoalan keseharian dalam melaksanakan tugas-tugas yang diamanahkan kepada kami.

Usai penandatanganan perjanjian kerjasama, kegiatan dilanjutkan dengan Dialog interaktif yang dipandu oleh Said Sudrajat Mazlan selaku kepala kantor Inspektorat Lingga.(ihn)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *