Pemkab Lingga Mulai Vaksinasi Dosis ke-3 untuk Nakes

Infolingga.net, Lingga – Pemerintah Kabupaten Lingga mulai melaksanakan pencanangan vaksinasi dosis ketiga bagi para tenaga kesehatan (Nakes) di Gedung Nasional, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Senin (09/08/2021).

Ketua tim Vaksinator Kabupaten Lingga, dr. Yan Cahyadi Anas mengatakan pencanangan dosis 3 vaksin COVID-19 untuk tenaga kesehatan (Nakes) dibuka oleh Gubernur berlaku untuk seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kepri termasuk di Kabupaten Lingga.

“Disini kita melaksanakan dosis ke-3 untuk tenaga kesehatan di Rumah Sakit dan Puskesmas, targetnya ada sekitar 854 Nakes. Kalau untuk vaksin moderna ini tadi kami bawak 6 vial, 1 vial bisa untuk 15 orang,” ujar dr. Yang.

dr. Yan menjelaskan bahwa vaksin sinovac itu bahannya virus COVID-19 yang dimatikan atau yang dilemahkan, sementara vaksin moderna ini teknologi baru suatu proses rekayasa genetik memproduksi MR MA dari Covid-19.

“Jadi covid itu diambil materi genetiknya itulah yang disuntikkan, sementara kalau sinovac itu virus asli, satu virus utuh itu dimatikan lalu disuntikkan, kalau yang moderna ini materi genetik dari virus jadi virusnya dimurnikan sekali kemudian diambil materi genetiknya, itu yang disuntikkan,” jelas dr. Yan.

Baca juga: Selisih Satu Suara, Pilkades di Pulau Bukit Minta Diulang

Sementara untuk efek samping vaksin moderna dr. Ryan menjelaskan bahwa sama seperti vaksin sinovac yaitu demam ringan, rasa pegal di daerah suntikan, kemudian sakit kepala.

“Efektivitas dari vaksin itu sama, cuma moderna ini lebih unggul untuk melindungi terhadap varian baru corona, jadi sekarang corona itu mengalami mutasi. Jadi virus awal yang ditemukan di Wuhan dengan sekarang itu sudah berbeda,” jelasnya.

Dijelaskannya vaksinasi yang dilakukan ini adalah meningkatkan antibodi dan sel memori yang ada di sistem pertahanan tubuh, biasanya setelah 6 bulan penyuntikan antibodinya akan turun.

“Jadi kemarin kami dapatnya sekitar bulan Februari, setelah 6 bulan kemudian biasanya antibodinya agak turun, makanya diberikan booster namanya untuk memperkuat, jadi suntikan ini untuk memperkuat antibodi yang sudah terbentuk sebelumnya,” pungkasnya. (m.i.h)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Infolingga

Media Informasi dan Hiburan Seputar Kepri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *