Pemkab. Lingga Siaga Penyebaran Covid-19

Konferensi pers terkait wabah Covid-19 di Lingga

Info (Lingga)-Pemerintah kabupaten Lingga menetapkan kondisi Lingga dalam Siaga Bahaya Covid-19, hal ini disampaikan oleh Bupati Lingga, Alias Wello pada konferensi pers di gedung daerah Dabo Singkep, Selasa (24/03/2020).

Pemerintah dan Instansi terkait di Kabupaten Lingga, terus fokus melakukan proteksi dan pengawasan pintu masuk serta memberi edukasi sosial distence pada masyarakat agar menjauhi keramaian dan perkumpulan massa agar tidak tertular wabah Covid-19.

Bupati Lingga Alias Wello mengatakan, “penyebaran Covid-19 saat ini begitu cepat, daya tular yang begitu cepat membuat pemerintah kalah cepat apalagi di Lingga,” ungkap Alias.

Video konferensi pers terkait Pemkab. Lingga Siaga Penyebaran Covid-19 :👇👇👇🙏

 

Bupati Lingga berharap masyarakat dapat menyikapi dengan memprotect diri, menjaga lingkungan dan mengurangi kegiatan-kegiatan yang bersifat kumpul-kumpul dan menjauhkan diri dari komunitas yang tidak begitu penting (social distancing).

“Dari rapat yang digelar dengan Instansi terkait semalam, kondisi yang ada saat ini, Lingga keterbatasan SDM, dukungan peralatan medis serta biaya operasional. Didalam APBD juga tidak ada alokasi anggaran untuk wabah covid,” ujarnya.

Namun demikian, lanjut Alias Wello, dalam hal antisipasi musibah yang tidak tertangani, pemerintah telah menyiapkan satu speed khusus bagi pasien yang membutuhkan rujukan cepat keluar daerah. Pihak kesehatan juga diinstruksikan untuk membuat proposal anggaran yang bisa men-cover wabah ini lebih luas.

“Kondisi saat ini di 7 kabupaten kota, Alhamdulilah Lingga masih nihil baik ODP maupun PDP. Namun hal ini tidak membuat kita lengah. Kondisi rumah sakit kita yang minim, kendalanya adalah tidak adanya alkes yang standard, kondisi fisik bangunan ruang isolasi berdekatan dengan rumah warga,” ungkap Bupati Lingga.

Namun demikian lanjutnya, siap atau tidak siap, harus dilakukan antisipasi, demikian juga ruang isolasi dan juga langkah-lengkah pencegahan. Dengan segala keterbatasan itu, Alias Wello berharap semua pihak bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya Covid-19 agar masyarakat Lingga dapat terhindar dari bahaya virus tersebut.(ihn)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *