Pemkab Lingga Tetapkan UMK 2022 Sebesar Rp3.036.220

Infolingga.net, Lingga – Pemerintah Kabupaten Lingga telah menetapkan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Lingga tahun 2022 sebesar Rp3.036.220.

UMK Lingga tahun 2022 tersebut sama seperti tahun sebelumnya dan berdasarkan hasil rapat dewan pengupahan yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lingga bersama serikat buruh.

“Berdasarkan kesepakatan untuk UMK Lingga tahun 2022 sebesar Rp3.036.220. Besaran UMK tahun 2022 sama seperti tahun 2021,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lingga, Sabirin, Senin (22/11/2021).

Baca juga: DPRD Lingga Setujui Ranperda  RP3KP Tahun 2021-2041

Sabirin mengatakan bahwa dalam pelaksanaan penetapan UMK Lingga tahun 2022 berjalan lancar dan disepakati semua pihak.

“Alhamdulillah semua pihak menyepakati besaran UMK Lingga tahun 2022. Serikat buruh juga menyadari bahwa saat ini kondisi pandemi COVID-19,” ujarnya.

Sabirin menjelaskan maksud dari UMK berdasarkan Undang-undang cipta kerja ini berlaku bagi pekerja buruh dengan masa kerja kurang dari satu tahun pada perusahaan yang bersangkutan.

“Kemudian upah minimum ini adalah upah terendah yang ditetapkan oleh Pemerintah sebagai bentuk perlindungan terhadap pekerja atau buruh disuatu wilayah, nanti kalau sudah satu tahun silahkan mengikuti aturan main dari perusahaan. Artinya kita pemerintah memberikan jaminan,” jelasnya.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan para pemberi kerja atau Perusahaan itu memberikan upah dibawah standar UMK. Sehingga ini menjadi kontrol bersama.

“Maka saat ini kita lagi mendata berapa banyak perusahaan yang tidak membayar upah minimum yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Lingga. Karena kita akui memang sedikit sulit mendapatkan data tersebut,” pungkasnya. (Red)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Infolingga

Media Informasi dan Hiburan Seputar Kepri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *