Polres Lingga Gelar Simulasi Pemulasaran Jenazah Korban Covid-19

Polres Lingga Gelar kegiatan Simulasi Pemulasaran Jenazah Pasien korban Covid-19

Info (Lingga)- Polres Lingga menggelar kegiatan Simulasi Pemulasaran Jenazah Pasien korban Covid-19 dan dilanjutkan dengan simulasi pemakaman jenazah dengan protokol Covid-19 di Gedung Endra Dharmalaksana Polres Lingga, Selasa (28/04/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Lingga H. Alias Wello, Kapolres Lingga AKBP Boy Herlambang, Danlanal Dabo LETKOL Laut (P) Zul Fahmi, Plt. Kepala Dinas Kesehatan PPKB Kab. Lingga, Direktur RSUD Dabo Singkep, PJU Polres Lingga, Danramil Dabo Singkep, Kasi Ops Satpol PP Kab. Lingga, Kasi LLAJ Dishub Kab. Lingga, Plt. Camat Singkep, Personel Polres Lingga, Staf Dinas Kesehatan Kab. Lingga, Staf RSUD Dabo Singkep, Tokoh Agama dan Rohaniawan Kab. Lingga, Lurah dan Kades se-Kecamatan Singkep.

Peserta pelatihan adalah personel polres Lingga yang berjumlah 11 orang. Para personel kepolisian yang sudah dipilih tersebut, nantinya siap diperbantukan dalam penanganan hingga melaksanakan pemakaman jenazah korban Covid-19 apabila dibutuhkan.

Simulasi pemakaman jenazah korban Covid-19

Dalam kegiatan diberikan pelatihan oleh tim kesehatan cara penggunaan alat pelindung diri (APD). Kemudian dilanjutkan dengan mekanisme pemulasaran jenazah dan pemakaman korban Covid-19.

Kapolres Lingga AKBP Boy Herlambang, mengatakan, “hari ini kita melaksanakan kegiatan simulasi pemulasaran dan pemakaman jenazah korban Covid-19. Hal ini dilakukan mendasari situasi yang berkembang di sejumlah wilayah terkait penanganan jenazah Covid-19,” ungkap Kapolres.

“Di sejumlah wilayah adanya penolakan terhadap jenazah korban Covid-19. Selain itu, petugas yang bisa menangani jenazah jumlahnya minim. Oleh karenanya kita berikan pelatihan terhadap anggota polri untuk mempersiapkan diri,” jelasnya.

Disampaikan kapolres, kegiatan Pemulasaran ini juga tujuan untuk mensosialisasikan dan memberi pemahaman kepada masyarakat tentang tata cara keamanan dalam pemakaman jenazah covid-19 sehingga tidak ada kekhawatiran di masyarakat.

Kapolres Lingga juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga pola hidup sehat, selalu menggunakan masker, makan makanan bergizi, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Kabupaten Lingga.

Di kesempatan yang sama, Bupati Lingga H. Alias Wello juga menyampaikan Adapun tujuan kegiatan ini untuk menambah pemahaman agar kejadian penolakan jenazah COVID-19 tidak terjadi di wilayah Kabupaten Lingga.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Bupati Lingga kepada Polres Linga atas dedikasi Tim Personel Polres Lingga yang telah dibentuk untuk membantu melakukan Pemulasaran dan pemakaman Jenazah COVID-19 di Kabupaten Lingga, dan diharapkan agar kegiatan yang selama ini dilakukan bernilai ibadah.(red)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *