Puskesmas Raya Laksanakan Kegiatan Pekan TB

“Dalam rangka memperingati hari Tubercle Bacillus (TB)”

IL-Dalam rangka memperingati hari Tubercle Bacillus (TB) se-Dunia 24 Maret 2019, Puskesmas Raya melaksanakan kegiatan pekan TB, di Desa Marok Tua, Kecamatan Singkep Barat, Senin (25/03/2019).

Kegiatan pekan TB yang dilaksanakan di ruang pertemuan desa Marok Tua tersebut, dilakukan pemeriksaan terhadap seluruh masyarakat yang sering batuk-batuk dan batuk yang lama tidak sembuh.

Petugas kesehatan memeriksa dahak masyarakat yang hadir pada saat itu untuk mengetahui apakah yang bersangkutan suspect penderita TB Paru.

“Jika hasil pemeriksaan didapatkan sputum dahaknya positif TB, akan langsung di obati,” itu yang disampaikan pimpinan Puskesmas Raya dr. Kartika Eka Dwi Putri, kata Kepala seksi (Kasi) Penanganan Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga, Adhe Permanna Putra.

Kegiatan pekan TB tersebut, lanjut Adhe, disejalankan dengan dilaksanakan juga Posbintu dan Posyandu untuk memeriksa tekanan darah, tinggi badan berat badan, pengecekan gula asam urat para masyarakat kategori lansia.

“Hal ini dilakukan agar masyarakat yang beresiko terkena berbagai penyakit tersebut, terdeteksi dan dapat ditangani dengan cepat dan benar,” tutupnya.(ihn)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *