Sita Perhatian Masyarakat, Acara Talam Sehidang Digagas Komunitas Kumpulan Sepekan

Komunitas Kumpulan Sepekan Jadi Salah Satu Penggagas Utama ‘Talam Sehidang’. (Foto: ist) 

Infolingga.net, Lingga – Acara yang bertajuk ‘Talam Sehidang’ yang digelar di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri sukses membuat kagum serta menyita perhatian masyarakat.

Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut menjadi momen langka dan selalu diingat masyarakat sampai saat ini.

Acara ini merupakan bagian dari pelestarian budaya Melayu. Karena, telah membangkitkan kembali nuansa Melayu tempo dulu dan ditata tradisional mungkin.

Namun, di balik besarnya acara ini, ada sejumlah perkumpulan terdiri dari kebanyakan pemuda yang tergabung dalam Komunitas ‘Kumpulan Sepekan’.

Komunitas Kumpulan Sepekan yang hanya beranggotakan 11 orang menjadi salah satu penggagas utama acara menarik ‘Talam Sehidang’.

Komunitas Kumpulan Sepekan ini diketuai oleh Desgi Prayoga, yang menjadi salah seorang pecinta budaya Melayu sejak masih duduk di bangku sekolah.

Konsep yang telah mereka kemas baik ini akhirnya terealisasi, dengan mengajak Desa Tanjung Harapan beserta Sanggar Seni dan BumDesnya, ikut andil dalam mensukseskan kegiatan ini.

Ketua Kumpulan Sepekan yang menjadi ketua pelaksana Talam Sehidang, Desgi Prayoga mengatakan mereka memilih area taman kantor Desa Tanjung Harapan, untuk melaksanakan kegiatan ini.

“Karena tempatnya strategis dan memiliki sarana dan prasarana yang menunjang untuk kegiatan awal dari komunitas kumpulan Sepekan,” kata Prayoga, Minggu (9/1/2022).

Diungkapkan Yoga, bahwa acara ini digagas untuk memperkenalkan kepada generasi sekarang, tentang budaya Melayu yang sesungguhnya. Selain itu, konsep Talam Sehidang ini pun sebagai pengenang kepada masyarakat, untuk mengingat masa lalu bagi para orang tua yang pernah berada di zaman itu.

“Sebenarnya acara ini sudah lama diperbincangkan antara anggota Kumpulan Sepekan, namun baru kali ini dapat terealisasi. Mengingat pandemi yang melanda di daerah kami,” ungkapnya.

Yoga menyampaikan, pesan yang ingin disampaikan bahwa budaya Melayu zaman dahulu, kental akan nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong dalam melaksanakan suatu majelis perhelatan.

Selain Talam Sehidang, Kumpulan Sepekan juga mengangkat kegiatan nilai-nilai kebudayaan Melayu lainnya.

“Kami juga melakukan kajian di bidang budaya Melayu setempat yang sudah banyak dilupakan, seperti busana Melayu, kue-mue pengantin Melayu dan lainnya,” ujarnya.

Mewakili rekannya, Yoga mengucapkan ribuan terima kasih kepada BumDes Tanjung Harapan dan orkes Melayu Desa Tanjung Harapan atas kerjasama untuk mengsukseskan acara ini. Terlebih lagi Desa Tanjung harapan yang memfasilitasi lahan untuk pelaksanaan kegiatan.

Dia mengungkapkan, kegiatan Talam Sehidang yang dilaksanakan di Desa Tanjung Harapan, menghantarkan Desa Tanjung Harapan beserta Tim Penggerak PKK Desa Tanjung Harapan mendapatkan penghargaan dari Bupati Lingga.

“Ini merupakan motivasi besar bagi Kumpulan Sepekan untuk mengangkat nama desa/kelurahan lain yang ada di Kabupaten Lingga,” ucapnya.

Dia berharap, acara ini tidak hanya dibuat oleh pihaknya saja, tapi bisa dikembangkan oleh seluruh wilayah Kabupaten Lingga.

“Karena Talam Sehidang ini merupakan Budaya Melayu Kabupaten Lingga, jadi semua pihak bisa melaksanakan acara ini,” harapnya. (F/Red)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Infolingga.net

Media Informasi dan Hiburan Seputar Kepri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *