Sosialisasi Pengelolaan Bumdes Diharapkan Dapat Meningkatkan Taraf Ekonomi dan Kemandirian Desa

“Sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat di desa dan kelembagaan dapat memahami tentang BUMDes”

Keterangan foto : Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, DPMD Kab. Lingga, Yulizar Resmedi

IL-Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menggelar sosialisasi pendamping pembentukan dan pengelolaan Bumdes tahun 2019. Bertujuan untuk dapat meningkatkan taraf ekonomi dan kemandirian desa, Senin (25/03/2019) di Hotel Lingga Pesona,Daik Lingga, Kabupaten Lingga.

Menurut Kepala DPMD Kab. Lingga Dodi Suhendra melalui Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa, Yulizar Resmedi, sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat di desa dan kelembagaan dapat memahami tentang BUMDes. Seperti tujuan pendiriannya, manfaat pendirian, serta keseluruhan pendamping, untuk melakukan upaya inovatif, progresif dalam meyakinkan masyarakat bahwa BUMDes dapat memberikan manfaat terhadap desa, terang Yulizar Resmedi pada media infolingga.net, selasa (26/03/2019).

Ia meneruskan, “kegiatan ini diharapkan materi-materi yang disampaikan lewat sosialisasi ini dapat bermanfaat untuk desa-desa dalam pembentukan dan pengelolaan BUMDes” jelas Edi (sapaan akrabnya).

Ia juga berharap, tahun ini semua desa  yang ada di Kabupaten Lingga, BUMDes-nya sudah terbentuk mengikuti beberapa desa yang sudah dalam proses pengelolaan Bumdes. “Semoga Lingga  akan menjadi daerah yang terdepan dalam pengelolaan BUMDes,” harapnya.

Diketahui, sejumlah materi yang dipaparkan dalam sosialisasi tersebut diantaranya, tata cara pembentukan BUMDes, manajemen BUMDes, analisa usaha BUMDes dan laporan keuangan BUMDes.

Di sisi lain, “banyak potensi SDM ataupun SDA yang seharusnya dapat dikembangkan dalam meningkatkan sikap kemandirian desa diantaranya adalah banyaknya UMKM yang berkembang didesa dan juga kontur geografis yang juga tak kalah pentingnya dalam menunjang kemandirian desa ini.

Oleh karena itu, “akhirnya ditentukan program sosialisasi ini sebagai salah satu bentuk usaha agar masyarakat desa di Kabupaten Lingga khususnya para perangkat desanya dapat lebih mengeksplorasi usaha kecil menengah yang ada di desanya masing-masing”, tutup Edi.(ihn)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *