Sosialisasi Sensus Penduduk 2020, BPS Kab. Lingga Gelar Publik Ekspose

Keterangan foto : Kepala BPS Kab. Lingga Sumarmono, S.Si., didampingi Kasubbag TU BPS. Kab. Lingga Arief Hidayat, S.ST saat membuka acara publik ekspose data strategis Kab. Lingga dan sosialisasi Sensus Penduduk 2020

Info (Lingga)- Badan Pusat Statistik Kabupaten Lingga menggelar publik ekspose data strategis Kab. Lingga dan sosialisasi Sensus Penduduk 2020. Kegiatan tersebut berlangsung di ruang pertemuan kantor BPS, Jln. Istana Kota Baru, Daik Lingga, Rabu (04/12/2019).

Hadir pada acara tersebut, Kepala BPS Kab. Lingga Sumarmono, S.Si., Kasi Stat. Sosial Kab. Lingga Iman Rahadiansyah, S.Si., Plt. Kasie Nerwilis BPS Kab. Lingga Desneli Irma, S.ST, Kasubbag TU BPS. Kab. Lingga Arief Hidayat, S.ST., rekan-rekan media di Kabupaten Lingga baik dari media cetak, online dan juga media elektronik, Bagian Humas dan Kominfo Kab. Lingga serta RBTM Kab. Lingga.

Pada acara tersebut, Kepala BPS Kab. Lingga, Sumarmono, S.Si., saat membuka acara menyampaikan, “bahwa pada tahun depan yaitu 2020, BPS akan melaksanakan sebuah kegiatan besar yang disebut dengan Sensus Penduduk, dimana kegiatan sensus ini dilaksanakan setiap 10 tahun sekali guna mencatat seluruh penduduk Indonesia”, ungkap Sumarmono.

Untuk itu Sumarmono berharap, “dengan dilaksanakannya kegiatan pada hari ini, bersama rekan-rekan media yang ada di kabupaten Lingga dapat membantu mempublikasikan kepada masyarakat tentang kegiatan sensus penduduk 2020 mendatang”, ungkapnya lagi.

Sementara itu, Kepala Seksi Statistik Sosial Kab. Lingga, Iman Rahadiansyah, S.Si., mengatakan, “sensus penduduk tahun 2020 merupakan sensus lengkap yang akan dilakukan dengan beberapa tahapan. Salah satu tahapan akhir dalam sensus penduduk adalah melakukan pencacahan penduduk. Dalam hal ini, pencacahan dilakukan baik secara mandiri (online/CAWI) dengan memanfaatkan data administrasi penduduk (adminduk) dan juga pencacahan melalui CAPI/Gadget Smartphone/Tablet BYOD (Bring Your Own Device) ataupun PAPI (Paper and Pancil Interviewing)”, terang Iman.

Harapannya, “kedua cara ini akan mempermudah petugas melakukan pendataan sehingga tidak ada lagi penduduk yang tidak terdata ataupun double data”.

“Oleh karena itu seluruh lapisan masyarakat, khususnya dalam hal ini masyarakat Kab. Lingga pada umumnya diajak ikut berperan aktif dalam mensukseskan sensus penduduk baik dengan melakukan pendataan secara mandiri maupun manual. Karena peran aktif masyarakat ikut menentukan arah pembangunan bangsa serta program-program kebijakan pemerintah akan tepat sasaran jika masyarakat ikut andil dalam pelaksanaan sensus penduduk ini”, pintanya.

Pada akhir acara, kegiatan di tutup dengan diskusi seputar proses pelaksanaan sensus penduduk kedepannya dan foto bersama.(ihn)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *