Tank Kavaleri 1 Marinir Dukung Latihan Kapal Perang Terbaru TNI AL

Tank Kavaleri 1 Marinir

Info (Nasional)- Dalam rangka mendukung latihan uji kelayakan kapal AT 1 (Angkut Tank 1) KRI Teluk Kendari 518 dan Kapal AT 2 (Angkut Tank 2) KRI Teluk Kupang 519, Ranpur Resimen Kavaleri 1 Marinir (Menkav 1 Mar) ikut aktif mendukung kegiatan latihan embaekasi dan debarkasi 2 KRI baru yang dimiliki oleh TNI AL tersebut.

Seluruh Ranpur dan personel Menkav 1 Marinir yang dipimpin langsung oleh Wadan Menkav 1 Mar Letkol Marinir Wisnu Syogo, melaksanakan proses embarkasi di KRI Teluk Kupang 519, dan selanjutnya berlayar dari Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara menuju Pulau Bokor, Kepulauan Seribu, Kamis (26/11/2020).

Baca juga :

Kepada media Pabandya Penerangan Pasmar 1 Mayor Marinir Aristarkus Adrian Unu menyampaikan, “latihan uji kapal AT 1 & AT 2 berlangsung ini dari tanggal 26 – 27 November 2020 yang juga ditinjau langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.,” ungkapnya.

Berbagai materi latihan uji layak kapal ini meliputi pelaksanaan uji buka Bow Door dan Ramp Door, Embarkasi dan Debarkasi kering dan basah, dilanjutkan dengan uji coba meja putar untuk tank dan diputar 180 derajat, uji kekuatan snach winch KRI untuk menarik tank yang disimulasikan mengalami kendala dalam keadaan mesin tank mati ditarik untuk kemudian masuk kedalam KRI.

Selanjutnya, “untuk proses Embarkasi dan Debarkasi basah akan dilaksanakan di pulau Bokor, adapun beberapa Tank yang dipakai untuk melaksanakan uji KRI yakni 10 unit Tank BMP 3F dan 1 Unit Tank PT 76M,” terang Pabandya Penerangan Pasmar 1 Mayor Marinir Aristarkus Adrian Unu.

Turut hadir dalam kegiatan uji kapal tersebut Puslaik Kemenhan, Dislaikmatal Mabesal para pejabat Slog Kormar, Aslog Danpasmar 1, para Direksi PT. Dok Koja Kodja Bahari.

Seluruh rangkaian kegiatan latihan berjalan dengan lancar sampai dengan kembalinya ke Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan Covid-19. (C.A)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *